WhatsApp GB Ramai Dibahas Netizen, Ada Apa?

WhatsApp GB Ramai Dibahas Netizen, Ada Apa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 02 Feb 2021 13:10 WIB
FILE PHOTO: The WhatsApp messaging application is seen on a phone screen August 3, 2017. REUTERS/Thomas White/File Photo
WA GB Ramai Dibahas Netizen Twitter, Apa Itu? Foto: Dok. REUTERS/Thomas White/File Photo
Jakarta -

WhatsApp GB atau WA GB mendadak ramai dibahas netizen Indonesia sampai masuk ke dalam trending topic Twitter siang ini. Lalu apa bedanya aplikasi ini dengan WhatsApp asli?

WA GB pertama kali trending karena seorang pengguna Tiktok yang mengeluh secara anonim lewat akun @subtanyarl. Pengguna TikTok tersebut mengatakan ia menjelaskan bahaya menggunakan WA GB lewat salah satu videonya, tapi justru diserang oleh pengguna TikTok lainnya.

Saat ini sudah ada lebih dari 5.000 cuitan tentang WA GB di Twitter. Cuitan pertama di akun @subtanyarl juga telah diretweet lebih dari 900 kali dan mendapatkan lebih dari 13 ribu likes.

Sebagian besar balasan cuitan tersebut berasal dari netizen yang kembali mengingatkan bahaya menggunakan WA GB terhadap privasi pengguna.

"terlepas dari ngelanggar privasi orang, wa gb juga berpotensi ngelanggar privasi kalian karna ngga ada jaminan yang jelas data2 pribadi kalian tersimpan dengan aman di server mereka. kalau data pribadi kalian tersebar, whatsapp ngga bisa dimintai pertanggungjawaban," tulis netizen @ibu*******lt.

Sementara netizen lainnya yang menggunakan WA GB mengaku mereka bisa menggunakan banyak fitur yang tidak tersedia di aplikasi WhatsApp asli seperti memindahkan chat ke perangkat lain, melihat status yang sudah kedaluwarsa, dan lain-lain.

"gue juga user wa gb , ya karna kalo pake wa ini pas buat sw pict nya gak pecah , pake wa ori suka pecah anjritt burem," kata pengguna Twitter @jk***.

Tapi banyak juga netizen yang kurang familiar dan bertanya-tanya apa itu WA GB. Dikutip dari Quartz, Selasa (2/2/2021) WhatsApp GB, GBWhatsApp atau WA GB merupakan aplikasi modifikasi buatan pihak ketiga yang tidak tersedia di toko aplikasi manapun.

Ada banyak versi WhatsApp mod yang beredar di pasaran. Selain WA GB ada juga WhatsApp Plus dan YoWhatsApp yang banyak digunakan oleh pengguna WhatsApp.

WA GB dan WhatsApp mod lainnya ini populer karena menawarkan lebih banyak fitur yang tidak ada di aplikasi aslinya seperti password lock untuk mengunci percakapan rahasia, tema yang melimpah, melihat status WhatsApp yang sudah kedaluwarsa, dan banyak lagi.

Karena merupakan hasil modifikasi pihak ketiga, aplikasi ini dianggap tidak resmi dan ilegal oleh WhatsApp langsung. Pengguna juga harus mengunduh WA GB dari sumber tidak jelas yang artinya ada risiko aplikasi ini disusupi oleh malware.

Yang lebih penting lagi untuk diketahui, obrolan dalam WhatsApp versi modifikasi ini tidak dienkripsi, sehingga peretas atau pihak manapun bisa mengintip percakapan kalian.

WA GB dan aplikasi sejenisnya juga telah melanggar Terms of Service WhatsApp dan tidak memiliki dukungan resmi dari WhatsApp karena kebijakan keamanannya tidak bisa divalidasi.

Karena tidak mendapat dukungan resmi dari WhatsApp, akun yang kedapatan menggunakan WA GB dan sejenisnya sering mendapatkan pesan yang menyebutkan akun mereka telah dicekal secara sementara. Jika tidak langsung pindah ke aplikasi WhatsApp resmi, akun-akun ini terancam dihapus secara permanen.



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur Baru: Kirim Foto Jadi Stiker"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)