Jangan Diabaikan, Ini Alasan Keamanan Siber Penting untuk Bisnis!

Jangan Diabaikan, Ini Alasan Keamanan Siber Penting untuk Bisnis!

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Senin, 25 Jan 2021 20:48 WIB
Ilustrasi perlindungan data digital
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kemajuan teknologi saat ini membawa banyak manfaat bagi pengguna. Namun, di balik itu semua, ternyata teknologi juga bisa membawa dampak berupa ancaman. Begitu pula dengan pemanfaatan sistem teknologi informasi pada bisnis yang berisiko mendapat serangan siber. Dalam beberapa tahun terakhir, total kasus kejahatan siber dilaporkan mengalami peningkatan, mulai dari kasus penyebaran malware, phising, hingga hacking.

Sayangnya, masih banyak perusahaan yang belum menyadari betapa pentingnya keamanan dan sekuritas siber bagi keberlangsungan bisnis. Sebab, keamanan sebuah informasi yang tertera di dunia digital bisa dengan mudah dimanipulasi oleh oknum yang tak bertanggung jawab dan mengakibatkan kerugian materiel bagi sebuah usaha.

Lalu, seberapa penting cyber security bagi keberlangsungan bisnis Anda? Simak ulasannya berikut ini, dilansir dari berbagai sumber.

Kerugian Finansial

Apabila kejahatan siber terjadi, kerugian yang jelas akan dialami oleh bisnis, yakni kerugian finansial seperti dilansir dari European Business Review. Dana perusahaan yang tersimpan bisa hilang begitu saja akibat pembobolan. Belum lagi dengan adanya biaya ekstra untuk kepentingan pemulihan dan penggantian komponen perangkat yang diserang.

Selain itu, karyawan perlu waktu lebih lama untuk dapat kembali bekerja, sehingga mereka mengalami kendala dalam menyelesaikan pekerjaan, yang kemudian berdampak pada besaran revenue perusahaan.

Kerugian bagi Konsumen

Mengutip Tech Times, kasus kejahatan siber tidak hanya mengancam data dan informasi dari perusahaan, tetapi juga data dari para konsumen. Data tersebut meliputi nama, alamat email, nomor telepon, lokasi tempat tinggal, hingga data akun perbankan pribadi.

Bila ini terjadi, tentu akan menjadi masalah yang serius. Pasalnya, perusahaan akan dianggap lalai karena membiarkan data personal konsumen bocor begitu saja.

Rusaknya Reputasi Perusahaan

Jika perusahaan mendapat serangan siber yang berujung pada bocornya data para konsumen, bukan tidak mungkin perusahaan akan kehilangan reputasinya. Konsumen tidak lagi memiliki keyakinan dan kepercayaan terhadap perusahaan.

Namun, dampak ini bisa beragam bergantung pada keadaan seperti bidang industri serta sejauh mana dampak kehilangan yang ditimbulkan dari kasus cyber attack atau serangan siber tersebut.

Meski serangan siber tidak bisa dicegah sepenuhnya, perusahaan tetap bisa melakukan langkah pencegahan dengan sistem keamanan siber end-to-end seperti solusi yang ditawarkan oleh Cisco, mulai dari network security, application security, user & endpoint security protection, serta cloud edge yang menjaga keamanan cloud.

Selain itu, perusahaan juga setidaknya harus memiliki Secure Remote Worker untuk melindungi keamanan data karyawan dan perusahaan di mana pun berada, di antaranya melalui produk:

  • Cisco Duo, teknologi yang memverifikasi identitas semua pengguna dengan otentikasi multifaktor yang mudah digunakan di industri, sebelum memberikan akses ke aplikasi perusahaan untuk mencegah masuknya pelaku kejahatan.
  • Cisco AnyConnect (VPN), teknologi yang mengaktifkan akses aman ke jaringan perusahaan dengan mobilitas yang benar dan aman dari klien VPN Anda untuk pengguna mana pun, dari perangkat apapun, kapan pun, di lokasi mana pun.
  • Cisco Umbrella, teknologi yang dapat mendeteksi ancaman lebih awal dan lebih cepat, serta mengurangi risiko cyber crime. Cisco Umbrella mampu mencegah berbagai macam serangan, baik phising, malware, maupun ransomware dan cocok untuk bisnis berskala kecil dan menengah karena memiliki pendekatan keamanan yang kuat namun sederhana.

Dengan keamanan tingkat tinggi ini, konsumen akan semakin percaya untuk bertransaksi di situs web yang Anda miliki.

(ncm/fay)