Cara Cegah Kejahatan Siber Saat Kerja Remote dari Rumah

Cara Cegah Kejahatan Siber Saat Kerja Remote dari Rumah

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Selasa, 19 Jan 2021 10:55 WIB
Ilustrasi kerja dari rumah
Ilustrasi remote working (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Kerja jarak jauh atau remote working disebut-sebut sebagai sistem kerja masa depan. Awalnya, konsep remote working populer di kalangan startup, namun meluas ke berbagai sektor sejak pandemi COVID-19 melanda hampir seluruh negara di dunia.

Terlebih dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih, sehingga mendukung untuk menerapkan sistem kerja remote, yang mana seseorang memiliki kesempatan untuk memilih tempat kerja sendiri yang nyaman guna meningkatkan produktivitas kerja.

Namun, tidak semua perusahaan siap menerapkan sistem kerja ini, karena remote working memerlukan persiapan dan regulasi yang matang, termasuk di dalamnya kesiapan agar keamanan data karyawan tetap terjaga. Terkait hal ini, Cisco sebagai sebuah perusahaan penyedia cybersecurity membagikan tips apa saja yang perlu disiapkan oleh perusahaan dalam hal keamanan siber untuk menunjang sistem kerja remote.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Pekerja

Kebijakan, regulasi, serta kontrol dari perusahaan haruslah mengikuti pekerja, di mana pun dan kapan pun. Pasalnya dalam remote working, perusahaan perlu membangun lingkungan kerja yang fleksibel, aman, dan tentunya terjamin bagi karyawan untuk bisa mengakses jaringan dengan tingkat perlindungan yang sama.

Peningkatan keamanan siber ini perlu dilakukan, seiring dengan peningkatan teknologi dan prioritas bisnis agar perusahaan dapat mencapai potensi optimalnya.

Memastikan Kesiapan Infrastruktur

Sebelum menjalankan sistem remote working, ada baiknya jika perusahaan melakukan sejumlah persiapan, salah satunya dengan memastikan kemudahan serta keamanan akses oleh tim IT perusahaan. Hal ini agar karyawan dapat masuk ke dalam aplikasi dan layanan dengan lebih leluasa, di mana saja dan kapan saja.

Selain itu, kebijakan terkait keamanan siber perusahaan perlu ditingkatkan. Tidak lupa, dengan menyelenggarakan program pelatihan bagi karyawan, agar mereka lebih memahami pentingnya cybersecurity demi terciptanya budaya keamanan perusahaan yang sehat.

Keamanan Siber yang Sederhana dan Efektif

Keamanan harus menjadi fondasi dari keberhasilan upaya digitalisasi yang dilakukan perusahaan. Tak harus kompleks, upaya keamanan siber yang sederhana namun efektif dinilai mampu mengurangi dampak kejahatan dan pelanggaran keamanan siber tersebut.

Nah, meski terbilang fleksibel, nyatanya dalam sistem kerja remote terdapat risiko yang tidak bisa terhindarkan, yakni risiko serangan siber yang mengancam keamanan data karyawan. Namun, Anda nggak perlu khawatir karena Cisco hadir dengan sederet produk yang akan membantu Anda untuk melakukan pekerjaan secara fleksibel. Melalui solusi Cisco Secure Remote Worker.

Cisco Secure Remote Worker merupakan solusi keamanan sederhana, terukur, dan terintegrasi untuk melindungi keamanan data karyawan dan perusahaan di mana saja mereka bekerja, di antaranya melalui produk:

  • Cisco Duo, teknologi yang memverifikasi identitas semua pengguna dengan otentikasi multi-faktor yang mudah digunakan di industri sebelum memberikan akses ke aplikasi perusahaan untuk menghentikan pelaku jahat agar tidak masuk.
  • Cisco AnyConnect (VPN), teknologi yang mengaktifkan akses aman ke jaringan perusahaan dengan mobilitas yang benar dan aman dari klien VPN Anda untuk pengguna manapun, dari perangkat apa pun, kapan pun, di lokasi mana pun.
  • Cisco Umbrella, teknologi yang menyediakan keamanan cloud sebagai garis pertahanan pertama, melindungi pengguna dan perangkat saat mereka keluar dari jaringan.
  • Cisco Secure Endpoints (AMP for Endpoints), teknologi yang memberikan perlindungan, deteksi, dan respons titik akhir sebagai garis pertahanan terakhir, melindungi perangkat dari ancaman tingkat lanjut.
  • Cisco SecureX, teknologi yang melindungi pekerjaan jarak jauh dengan platform bawaan cloud-native yang mengotomatiskan tindakan dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat.

Anda dapat mempercayakan keamanan data dengan produk-produk yang ditawarkan Cisco agar dapat bekerja produktif dan efektif.

(ncm/fay)