Cara Hindari Ancaman Cybercrime di Era Serba Online

Cara Hindari Ancaman Cybercrime di Era Serba Online

Faidah Umu Sofuroh - detikInet
Senin, 18 Jan 2021 21:39 WIB
Serangan siber
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kejahatan siber memang tak memandang bulu, siapa pun bisa menjadi mangsa dari oknum-oknum yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melancarkan serangannya. Ada berbagai macam aktivitas kejahatan siber mulai dari serangan malware mobile, ransomware, hingga sistem komputer industri.

Padahal di revolusi industri 4.0 seperti saat ini, keberadaan teknologi menjadi salah satu tiang untuk keberlangsungan sistem di berbagai bidang, termasuk di lini bisnis. Adanya kejahatan siber yang semakin marak ini tentu akan menjadi ancaman bagi bisnis dan perusahaan.

Cybercrime juga semakin meningkat di masa pandemi. Sebab, banyak karyawan yang harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Dari sisi security komputer, perubahan ini meningkatkan risiko ancaman keamanan bagi perusahaan terutama menyangkut kerahasiaan data perusahaan.

Selain itu, karyawan yang WFH juga menjadi lebih rentan terhadap serangan karena terhubung ke jaringan perusahaan melalui jaringan internet yang notabene adalah jaringan umum. Seorang ahli keamanan cyber pun mengungkapkan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian karyawan dan perusahaan ketika WFH.

Hindari Wifi Publik

Pertama, yaitu menghindari koneksi WiFi publik. Akan lebih aman ketika menggunakan jaringan WiFi pribadi atau tethering dari ponsel sendiri. Jika terpaksa menggunakan WiFi publik, pastikan untuk mengamankan dengan menggunakan VPN terpercaya untuk melindungi data-data penting. Dengan VPN terpercaya, transmisi data akan terenkripsi dengan aman dan tidak bisa dibaca sekalipun berhasil disadap.

Gunakan Perangkat Kantor

Kedua, memisahkan komputer kerja dengan komputer pribadi. Jika terpaksa bekerja dari komputer pribadi, tekan risiko dengan bekerja secara online dan menghindari mengunduh dan menyimpan data kantor ke komputer pribadi.

Komputer dari kantor atau komputer yang khusus disiapkan oleh kantor untuk menyelesaikan pekerjaan secara teknis akan lebih terjaga dan aman. Hal itu karena komputer kantor biasanya sudah dilengkapi dengan pengamanan yang diperlukan seperti software asli yang terjaga keamanannya, update software yang teratur, program pengaman esensial seperti antivirus, firewall dan drive yang terenkripsi.

Amankan Port

Ketiga, Anda juga harus menghindari isi daya ponsel dari port USB charger. Jika terpaksa bekerja dari komputer pribadi, tekan risiko dengan bekerja secara online dan menghindari mengunduh dan menyimpan data kantor ke komputer pribadi.

Lengkapi dengan Sistem Keamanan

Keempat, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sistem Next Generation Antivirus (NGAV) dibandingkan sistem antivirus konvensional. Sistem antivirus konvensional Endpoint korporat memiliki kelemahan yaitu server antivirus terletak di dalam jaringan korporat dan hanya bisa mengelola komputer yang terkoneksi ke sistem jaringan komputer perusahaan.

Keamanan adalah hal penting bagi keberlangsungan perusahaan. Hal itulah yang ditawarkan Cisco melalui produk-produknya. Cisco menyediakan lisensi gratis yang bisa diperpanjang untuk empat teknologi keamanan utama yang dirancang untuk melindungi pekerja jarak jauh. Keempat teknologi keamanan utama tersebut antara lain sebagai berikut.

Cisco Umbrella yang mampu melindungi pengguna dari tujuan Internet berbahaya baik mereka ada di dalam atau di luar jaringan.

Duo Security yang akan memverifikasi identitas pengguna dan membangun kepercayaan perangkat sebelum memberikan akses ke aplikasi.

Cisco Any Connect Secure Mobility Klien (VPN) yang memberdayakan karyawan untuk bekerja dari mana saja dengan laptop perusahaan atau perangkat seluler pribadi.

Cisco Advanced Malware Protection (AMP) sebagai end point untuk mencegah pelanggaran dan memblokir malware di titik masuk.

Teknologi dari Cisco yang telah dipaparkan di atas bisa menjadi solusi bagi perusahaan yang ingin mengamankan bisnisnya dari ancaman cybercrime.

Cisco juga tak hanya melindungi situs web dari para hacker, tapi juga mampu melindungi data perusahaan serta data pribadi pelanggan. Dengan keamanan tingkat tinggi ini bisa meningkatkan kepercayaan customer dalam bertransaksi di situs web yang Anda miliki.

Sebagai pengusaha yang ingin melindungi data perusahaan dari ancaman cybercrime, itulah beberapa teknologi keamanan yang Cisco hadirkan. Cisco berikan solusi hindari ancaman cybercrime di era serba online.

(prf/ega)