Awas! Cyberpunk 2077 Mobile Ternyata Isinya Ransomware

Awas! Cyberpunk 2077 Mobile Ternyata Isinya Ransomware

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 23 Des 2020 10:15 WIB
Cyberpunk 2077
Cyberpunk 2077 Mobile Ternyata Isinya Ransomware Foto: istimewa
Jakarta -

Penipu tidak berhenti mencoba mengelabui gamer yang ingin memainkan game Cyberpunk 2077. Kali ini ada penipuan 'Cyberpunk 2077 Mobile' yang ternyata berisi ransomware.

Analis malware Kaspersky Tatyana Shishkova menemukan situs palsu yang dibuat terlihat mirip seperti Google Play Store dan menawarkan Cyberpunk 2077 versi mobile. Situs itu rupanya digunakan penipu untuk mengelabui banyak orang agar mengunduh dan menginstal ransomware ke dalam ponselnya.

Dikutip dari Tom's Hardware, Rabu (23/12/2020) ransomware ini dikenal dengan nama CoderWare, dan begitu menginfeksi ponsel akan langsung mengenkripsi semua kontennya.

Korban yang terkena ransomware ini diberi waktu 10 jam untuk membayar tebusan sebesar USD 500 dalam bentuk bitcoin. Jika tidak dibayar semua data yang ada di ponsel mereka akan dihapus secara permanen, kecuali jika ada backup yang tidak terinfeksi.

Ternyata ransomware ini menggunakan varian yang sama seperti serangan ransomware BlackKingdom yang diluncurkan pada awal tahun 2020. Shishkova pun memberikan cara untuk mengatasi ransomware ini.

Tidak seperti ransomware BlackKingdom, ransomware CoderWare menggunakan kunci hardcoded, yang artinya korban bisa menggunakan decryptor untuk mendapatkan kembali akses ke konten yang telah terenkripsi tanpa perlu membayar uang tebusan.

Tapi tentu saja cara terbaik untuk menghindari ransomware ini adalah dengan tidak mengunduh software dan game yang tidak resmi, apalagi yang gratisan.

Saat ini tidak ada Cyberpunk 2077 versi mobile. Satu-satunya cara memainkan game ini di ponsel adalah dengan layanan cloud gaming seperti Google Stadia atau NVIDIA GeForce Now.

Ini bukan pertama kalinya orang tidak bertanggung jawab menggunakan Cyberpunk 2077 untuk mengelabui gamer. Sebelumnya pernah ada situs-situs yang menawarkan Cyberpunk 2077 secara gratis tapi situs itu justru memberikan installer palsu dan mengumpulkan data pengguna.



Simak Video "Prediksi NTT: Nilai Tukar Bitcoin Turun, Cryptojacking Ditinggalkan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)