Ahli Peringatkan Celah Keamanan WhatsApp di iOS

Ahli Peringatkan Celah Keamanan WhatsApp di iOS

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 15 Nov 2020 07:25 WIB
SAN ANSELMO, CALIFORNIA - MAY 14: The WhatsApp messaging app is displayed on an Apple iPhone on May 14, 2019 in San Anselmo, California. Facebook owned messaging app WhatsApp announced a cybersecurity breach that makes users vulnerable to malicious spyware installation iPhone and Android smartphones. WhatsApp is encouraging its 1.5 billion users to update the app as soon as possible.  (Photo Illustration by Justin Sullivan/Getty Images)
Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Computer Emergency Response Team (CERT-In) di India memperingatkan pengguna WhatsApp dan WhatsApp Business di iOS terkait ditemukannya celah keamanan terbaru.

Dikutip dari Khaleej Times, celah keamanan ini ditemukan pada fitur Screen Lock di WhatsApp dan WhatsApp Business untuk iOS karena input otorisasi yang tidak tepat.

CERT-In menyebutkan celah ini memungkinkan pelaku kejahatan cyber melewati batasan keamanan atau mengeksekusi kode arbitrer pada sistem target dari jarak jauh.

"Penjahat cyber bisa mengeksploitasi kerentanan ini dengan memanfaatkan asisten virtual Siri untuk berkomunikasi bahkan setelah ponsel terkunci," demikian laporan CERT-In.

Kerentanan lainnya ditemukan pada logging library karena adanya error "use-after-free". Penyerang dari jarak jauh dapat memanfaatkan kerentanan ini dengan mengirimkan stiker animasi yang dibuat khusus untuk calon korban sambil menahan panggilan video WhatsApp sehingga mengakibatkan beberapa peristiwa terjadi bersamaan secara berurutan.

"Jika celah ini berhasil dieksploitasi, perangkat bisa mengalami kerusakan memori, kondisi penolakan layanan, atau eksekusi kode dari jarak jauh," kata CERT-In.

Untungnya, WhatsApp segera menangani kerentanan ini dengan merilis penambal celah keamanan terbaru. Untuk melindungi diri dari kerentanan ini, CERT-In menyarankan pengguna harus selalu menginstal versi terbaru dari WhatsApp dan WhatsApp Business dari AppStore.



Simak Video "WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Lagi: Hapus Chat dalam 7 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/asj)