Pemerintah Jepang Bakal Larang Drone dari China, Kenapa?

Pemerintah Jepang Bakal Larang Drone dari China, Kenapa?

Josina - detikInet
Minggu, 01 Nov 2020 10:58 WIB
Ilustrasi Drone
Ilustrasi drone. Foto: (iStock)
Tokyo -

Jepang dilaporkan akan menghentikan perusahaan China memasok drone ke pemerintahannya. Alasan utamanya adalah terkait soal keamanan dengan tujuan pemerintah dapat melindungi informasi sensitif.

Menurut laporan dari Reuters yang dikutip detikINET, informasi tersebut datang dari beberapa sumber di dalam pemerintahan dan partai yang berkuasa. Sumber-sumber tersebut mengklaim bahwa langah tersebut adalah bagian dari upaya negara untuk memperkuat keamanan nasionalnya.

Dengan kemajuan teknologi saat ini yang semakin canggih, perhatian utama dipusatkan pada teknologi informasi, rantai pasokan, keamanan siber dan kekayaan intelektual. Kekhawatiran sejenis juga sedang digaungkan pemerintah negara lain, tak hanya Jepang.

Selain itu, langkah tersebut juga diharapkan untuk mengurangi ketergantungan Jepang pada China, terutama yang berkaitan dengan teknologi sensitif seperti drone dan kamera. Terlebih sedang ada ketegangan antara Amerika Serikat, sekutu Jepang, dengan China.

"China adalah pasar yang besar dan penting bagi Jepang. Di sisi lain, ada kekhawatiran bahwa teknologi dan informasi canggih dapat bocor ke China dan dapat dialihkan untuk penggunaan militer," kata seorang pejabat senior pemerintah.

Saat ini, kementerian pertahanan Jepang dan penjaga pantai memiliki beberapa ratus drone, termasuk yang diproduksi oleh perusahaan China. Kedua badan pemerintah itu telah mengklarifikasi bahwa drone ini tidak digunakan untuk urusan yang sensitif keamanan.

Tidak jelas apakah Jepang akan mengganti semua drone tersebut. Tapi nantinya pembelian drone baru akan melalui proses penyaringan yang lebih ketat untuk mencegah kemungkinan kebocoran data ke pihak lain.

Jika benar ada pembatasan drone asal China ke pemerintah Jepang, kemungkinan akan membantu meningkatkan bisnis drone lokal, karena pemerintah tentu akan mencari drone yang bersumber dari dalam negeri.

Pejabat senior lainnya menambahkan bahwa Jepang akan menjaga hubungan diplomatik dengan China tetapi akan lebih hati-hati soal penerapan teknologi dari sana dalam rangka menjaga informasi sensitif.



Simak Video "Mengasah Kemampuan Menerbangkan Drone, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)