Banyak Pesta Belanja Online, Simak Tips-nya Biar Tetap Aman

Banyak Pesta Belanja Online, Simak Tips-nya Biar Tetap Aman

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 08 Okt 2020 22:11 WIB
Kardus ramah lingkungan Blibli.com
Banyak Pesta Belanja Online, Simak Tips-nya Biar Tetap Aman. Foto: dok. Blibli.com
Jakarta -

Beberapa bulan jelang hari belanja online nasional (Harbolnas) 12 Desember, berbagai pesta belanja online mulai digelar. Jangan lengah, tetap waspada dan perhatikan keamanan bertransaksi.

Seperti diketahui, di mana ada keramaian, di sana para penjahat cyber mengintai untuk mencari korban, termasuk ketika banyak orang ramai berburu barang idaman di pesta belanja online. Salah satu e-commerce, Blibli, mengaku selalu meningkatkan keamanan platformnya setiap saat.

Disebutkan VP of Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan, keamanan data pelanggan ketika bertransaksi secara online di platform Blibli merupakan prioritas dan tanggung jawab mereka.

"Blibli mewujudkan komitmen ini dengan menerapkan berbagai strategi, termasuk di bidang arsitektur IT dan application programming interface (API), untuk memastikan ketahanan Blibli terhadap serangan keamanan data, baik dari korporat maupun pelanggan," ujarnya dalam konferensi pers virtual Blibli Histeria 10.10, Kamis (8/10/2020).

Lebih jauh, menurut Yolanda, Blibli menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi berstandar internasional, yaitu ISO/IEC 27001 tahun 2013 untuk sistem manajemen keamanan informasi dalam menjaga keamanan data.

Selain meraih sertifikat ISO, Blibli juga mendapatkan skor tertinggi di Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang menandakan bahwa tingkat kematangan dan tata kelola keamanan sistem informasi sudah prima.

Blibli.comKonferensi pers virtual Blibli Histeria 10.10. Foto: Blibli.com

"Oleh karena itu, para pelanggan tidak perlu khawatir saat melakukan transaksi karena Blibli memiliki komitmen yang kuat menjaga keamanan data dan informasi pelanggan untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang memuaskan," jelas Yolanda.

Blibli juga terus mengajak para pelanggan bersama-sama bertanggung jawab menjaga keamanan data pribadi, karena berbagai upaya perlindungan data pelanggan juga harus didukung oleh para pelanggan sendiri dengan turut menjaga kerahasiaan data masing-masing.

"Pelanggan sangat dianjurkan untuk senantiasa menjaga kerahasiaan password dan OTP untuk menghindari penyalahgunaan dan pengambilalihan akun. Kami juga secara berkala mengingatkan pelanggan untuk mengganti password akun Blibli," kata Yolanda.

Tips Pengamanan Akun e-Commerce

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan oleh pelanggan untuk mengamankan akunnya, antara lain:

  • Buatlah password yang rumit dan sulit ditebak
  • Ubah password secara berkala
  • Simpan password hanya untuk diri sendiri
  • Non aktifkan fitur pengingat password browser
  • Jika memungkinkan, selalu hapus cache di browser
  • Hati-hati terhadap phishing, metode yang digunakan hacker untuk mencuri password dengan cara mengelabui target menggunakan fake form login (form login palsu) pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya.


Simak Video "Rayakan Ultah di Tengah Pandemi, Blibli Ingin Berbagi Kebahagiaan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)