Dugaan Kloning WhatsApp Artis India, Enkripsi End-to-end Berguna?

Dugaan Kloning WhatsApp Artis India, Enkripsi End-to-end Berguna?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 28 Sep 2020 08:40 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp. Foto: Photo by Rachit Tank on Unsplash
Jakarta -

The Narcotics Control Bureau (NCB) dikabarkan melakukan kloning telepon seluler dari artis India dan membuat mereka bisa mengakses chat WhatsApp. Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai keamanan WhatsApp dan jaminan end-to-end encryption.

Investigasi NCB dalam kasus narkoba yang terkait dengan kasus kematian Sushant Singh Rajput telah menjerat beberapa daftar artis papan atas Bollywood setelah obrolan WhatsApp mereka tentang narkoba muncul.

Beberapa obrolan WhatsApp telah muncul di media, salah satunya adalah percakapan Rhea Chakraborty dengan lainnya. Agen penyelidikan sekarang fokus pada obrolan grup dari tahun 2017, yang diduga menyeret nama aktor Bollywood Deepika Padukone dan manajernya Karishma Prakash.

WhatsApp pun turun tangan melakukan klarifikasi mengenai kejadian tersebut dan membantah adanya kemungkinan akses terhadap chat pengguna.

"WhatsApp melindungi pesan Anda dengan enkripsi end-to-end sehingga hanya Anda dan orang yang Anda ajak berkomunikasi yang dapat membaca apa yang dikirim, dan tidak ada orang di antaranya yang dapat mengaksesnya, bahkan WhatsApp. Penting untuk diingat bahwa orang-orang mendaftar di WhatsApp hanya dengan menggunakan nomor telepon, dan WhatsApp tidak memiliki akses ke konten pesan Anda," kata juru bicara WhatsApp.

Perusahaan raksasa teknologi ini pun mengaku memanfaatkan semua fitur keamanan yang disediakan oleh sistem operasi seperti kata sandi yang kuat atau ID biometrik untuk mencegah pihak ketiga mengakses konten yang disimpan di perangkat.

Belakangan diketahui, kemungkinan obrolan WhatsApp sepertinya didapatkan dari Jaya Saha, yang diinterogasi oleh NCB. Jaya juga merupakan manajer Sushant Singh Rajput. Jaya, yang merupakan bagian dari Kwan Talent Management Agency, juga ada di grup WhatsApp ini bersama Deepika dan Karishma. Demikian melansir India.com.



Simak Video "Uji Fitur Voice dan Video Call, WhatsApp Web Siap Saingi Zoom?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)