Bisakah Ponsel Android Dihack Lewat Pesan?

Bisakah Ponsel Android Dihack Lewat Pesan?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 21 Agu 2020 09:57 WIB
Young businesswoman with shocked face expression is using smartphone
Kemungkinan ponsel Android dihack dan cara mencegahnya. Foto: iStock
Jakarta -

Smartphone digunakan banyak orang mulai dari bertukar pesan hingga ke hal penting seperti banking. Karenanya, kekhawatiran mengenai keamanan ponsel menjadi prioritas, terlebih untuk mereka yang bekerja di sektor penting atau mereka yang butuh privasi lebih.

Namun, dapatkan ponsel Android mengalami peretasan?

Beberapa tahun lalu, sempat heboh 'Stage Fright', celah keamanan yang ditemukan pada ponsel Android. Melalui pesan, bahkan tanpa harus dibaca, hacker bisa masuk ke dalam sistem.

Setelah serangan masuk ke sistem, hacker memiliki kemampuan untuk mengoperasikan ponsel secara remote dari jarak jauh. Mulai dari microphone, camera, dan tombol fungsi lainya akan bisa dikendalikan.

Perangkat yang paling rentan terkena StageFright adalah smartphone yang masih menggunakan Android berbasis Jelly Bean atau generasi sebelumnya. Tapi dengan cepat, Google memperbaiki ini.

Meski sudah sedikit kemungkinan smartphone dihack melalui pesan singkat, kamu tetap harus waspada. Ini cara membuat ponsel sulit dieksploitasi orang lain, dikutip dari clark:

- Update selalu perangkat

Jaga agar ponsel Android selalu update dengan versi baru dari sistem operasi ketika tersedia. Alasan mengapa pembaruan ini dirilis adalah karena perangkat membutuhkannya untuk tetap terlindungi.

- Waspadai WiFi umum

Ada beberapa ahli yang mengungkap probabilitas terkena hack melalui WiFi umum. Para hacker menggunakan WiFi ini sebagai pancingan sehingga mereka bisa mengakses MAC dan IP address ketika pengguna tengah asik bermain dengan gadget yang terkoneksi.



Simak Video "Bongkar Dapur Produksi Video Geekster Detikcom!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)