Cara Mengetahui WhatsApp atau WA Disadap Lengkap dan Mudah

Cara Mengetahui WhatsApp atau WA Disadap Lengkap dan Mudah

Rosmha Widiyani - detikInet
Minggu, 02 Feb 2020 16:31 WIB
London, UK - July 31, 2018: The buttons of WhatsApp, Facebook, Twitter and other apps on the screen of an iPhone.
Foto: iStock/Cara Mengetahui WhatsApp atau WA Disadap Lengkap dan Mudah
Jakarta -

WhatsApp atau WA adalah salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak di dunia, yakni mencapai satu miliar. Seiring dengan makin banyak pengguna, maka semakin besar pula peluang terjadinya kejadian tidak diinginkan dalam aplikasi milik Facebook ini.

Salah satu bentuk kejahatan yang dikhawatirkan adalah WA yang disadap, sehingga semua bentuk komunikasi bisa diketahui hingga detail. WhatsApp yang disadap menimbulkan kekhawatiran pada penggunanya, terkait risiko kejahatan yang mungkin terjadi.

1. Keluar atau log out dari akun WhatsApp

Akun WhatsApp atau WA tak bisa digunakan di dua ponsel bersamaan. Jika nomor WhatsApp digunakan di perangkat lain, akan muncul kode OTP ke nomor ponsel yang terdaftar.

Kode One Time Password (OTP) biasanya dikirim melalui pesan singkat. Jika pengguna tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar dari WhatsApp dengan sendirinya, maka ada kemungkinan nomor disadap orang lain.

2. Pesan telah terbaca

Pesan yang telah mendapat dua centang biru padahal belum dibaca, menjadi tanda WhatsApp telah disadap pihak yang tidak bertanggung jawab.Pesan tersebut telah dibaca pihak lain yang ingin mendapat informasi tersebut tanpa izin.

Tanda ini bisa diketahui bila pengguna WA benar-benar memperhatikan akun miliknya. Karena itu, sangat disarankan mengaktifkan tanda centang biru untuk mengetahui apakah WA telah dibaca orang lain.

3. Mengirim pesan yang tidak dikirim pengguna

Tanda berikutnya adalah mengirim pesan tanpa sepengetahuan pengguna. Pesan diterima kontak tertentu padahal akun asal merasa tidak mengirim teks, foto, atau video. Hal ini terjadi jika Jika ada pesan yang dikirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan kita, bisa jadi akun WhatsApp telah diretas.

4. Online meski nonaktif

Akun pengguna yang dibajak tampak online di aplikasi WhatsApp milik orang lain. Padahal akun tersebut sedang offline atau tidak membuka WhatsApp di ponsel atau Whatsapp web.

5. Log in di perangkat yang tidak dikenal

Tanda ini bisa jika akun yang dibajak menggunakan Whatsapp web. Jika menemukan akun milik sendiri atau orang lain yang terbuka, sebaiknya segera ditutup sehingga akses penyadapan tidak lagi tersedia. Berikut cara log out Whatsapp web di perangkat android dan iOS.

Android:

a. Ketuk menu titik tiga di kanan atas

b. Pilih WhatsApp Web

c. Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat sendiri atau tidak dikenal di perangkat tersebut sebaiknya segera keluar dengan memilih logout atau pilih keluar dari semua perangkat.

iOS:

a. Pilh setting atau pengaturan di kanan bawah

b. Pilih Whatsapp web atau desktop

c. Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat sendiri atau tak dikenal geser kanan dan pilih log out atau pilih keluar dari seluruh perangkat.

6. Whatsapp web Tiba-tiba Aktif

Informasi akun WhatsApp yang aktif di perangkat lain bisa diketahui lewat aplikasi di ponsel. Cara ini diketahui dengan mengeklik ikon tiga titik di sebelah kanan atas dan pilih WhatsApp Web. Mulai sekarang, harus curiga jika mendapat notifikasi Whatsapp web aktif padahal tidak sedang mengaktifkan aplikasi di PC atau laptop.

Selain 6 cara di atas, ada cara lain untuk mengetahui WhatsApp atau WA disadap yaitu:

1. Konsumsi Baterai yang Boros

2. Terdengar Suara Bising Ketika Telepon

3. Penggunaan Paket Data yang Tidak Normal

Dengan beberapa cara ini, semoga bisa cepat diketahui jika akun WhatsApp atau WA milik sendiri disadap pihak yang tidak bertanggung jawab.



Simak Video "6 Fitur Baru WhatsApp: Cari Chat Sesuai Tanggal hingga Cari Gambar di Web"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)