Apple Bagi-bagi iPhone Istimewa Buat Hacker

Apple Bagi-bagi iPhone Istimewa Buat Hacker

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 26 Jul 2020 22:35 WIB
FILE PHOTO: An attendee uses a new iPhone X during a presentation for the media in Beijing, China October 31, 2017. REUTERS/Thomas Peter/File Photo
Pengguna iPhone. Foto: Thomas Peter/Reuters
Jakarta -

Apple ingin para hacker giat memburu celah keamanan di sistem operasi iPhone. Bahkan untuk mendukung hacker, Apple memberikan iPhone khusus secara cuma-cuma dalam program bernama Apple Security Research Device Program.

"Sebagai bagian dari komitmen Apple terhadap sekuriti, program ini didesain untuk membantu meningkatkan keamanan bagi semua user iOS, membawa lebih banyak riset ke iPhone, dan meningkatkan efisiensi bagi mereka yang telah bekerja di keamanan iOS," cetus Apple.

"Program ini termasuk iPhone yang didekasikan secara eksklusif untuk riset keamanan, dengan eksekusi kode unik dan khusus," tambah mereka.

Seperti dikutip detikINET dari Mirror, iPhone bersangkutan disebut Apple sudah pra jailbroken sehingga hacker bisa menjalankan tool apapun yang telah mereka pilih.

Di sisi lain, iPhone tersebut masih tetap bisa dioperasikan sebagaimana iPhone pada umumnya, sehingga memungkinkan hacker melakukan beragam skenario sesuai apa yang dapat terjadi dalam penggunaan di dunia nyata.

Akan tetapi tidak semua hacker langsung berhak mendapatkan iPhone tersebut. Agar masuk kualifikasi program ini, hacker haruslah anggota existing Apple Developer Program dan punya rekam jejak bahwa mereka terbukti sukses menemukan celah di iOS ataupun sistem operasi modern lain.

Apple juga mewanti-wanti bahwa iPhone khusus tersebut sangatlah sensitif dan tidak boleh dipergunakan oleh sembarang orang. Selain itu, hacker yang memperolehnya tidak boleh menggunakannya sebagai smartphone pribadi melainkan hanya ditujukan untuk kepentingan mencari celah keamanan.

Kerahasiaan juga jadi syarat utama. Hacker tidak boleh mengungkap kelemahan apapun yang mereka temukan ke publik sebelum diperbaiki oleh Apple atau pihak ketiga yang disetujui.



Simak Video "Tertunda, iPhone 12 Belum Akan Dijual September 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)