Asyik, Zoom Kasih 'Perisai' Perlindungan Bagi Semua Pengguna

Asyik, Zoom Kasih 'Perisai' Perlindungan Bagi Semua Pengguna

Josina - detikInet
Kamis, 18 Jun 2020 22:30 WIB
Aplikasi video conference Zoom mengakuisisi Keybase untuk meningkatkan keamanan terenkripsi secara end-to-end
Layanan Enkripsi Zoom Kini Untuk Semua Pengguna. (Foto: Zoom)
Jakarta -

Layanan konferensi Zoom banyak dikecam karena masalah data privasi dan keamanan pengguna. Nah, mereka kemudian mengumumkan akan menyediakan enkripsi atau penyandian end-to-end yang sayangnya pada awalnya hanya tersedia khusus untuk pelanggan berbayar.

CEO Zoom, Eric Yuan beralasan mereka ingin memberikan (enkripsi end-to-end) kepada pengguna dari kalangan perusahaan atau pengguna bisnis.

"Kami ingin memberikan (enkripsi end-to-end) kepada setidaknya pengguna perusahaan atau pengguna bisnis. Pengguna gratis, tentu saja, tidak akan kami berikan," kata Yuan seperti dikutip detikINET dari CNBC pada beberapa waktu lalu.

"Karena kami juga ingin kerja bersama, misalnya, dengan FBI, dengan penegak hukum lokal jika ada beberapa orang yang menggunakan Zoom untuk tujuan jahat kan?" sambungnya.

Nah kini kabarnya baiknya seperti dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Kamis (18/6/2020), Zoom berubah pikiran. Layanan enkripsi end-to-end bakal tersedia untuk semua pengguna, bukan hanya bagi mereka yang membayar.

"Kami senang telah mengidentifikasi jalur ke depan yang menyeimbangkan hak sah semua pengguna untuk privasi dan keamanan pengguna di platform kami," ujar juru bicara Zoom.

"Ini akan memungkinkan kami untuk menawarkan E2EE (End-to-end-encryption) sebagai fitur tambahan canggih untuk semua pengguna kami di seluruh dunia baik untuk pengguna gratis dan berbayar dan mempertahankan kemampuan untuk mencegah dan melawan penyalahgunaan di platform kami." lanjutnya.



Simak Video "Daftar Negara dan Lembaga yang Larang Penggunaan Zoom"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/jsn)