Ubah Segera Password Kalian yang Pakai Nama, Sebelum Di-Hack

Ubah Segera Password Kalian yang Pakai Nama, Sebelum Di-Hack

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 09 Mei 2020 03:30 WIB
Hacker Rusia Berhasil Membobol Jaringan Komunikasi Pemerintah Jerman
Ubah Segera Password Kalian yang Pakai Nama, Sebelum Di-Hack. (Foto: DW News)
Jakarta -

Password atau kata sandi seringkali dibutuhkan saat kita membuat sebuah akun, baik kebutuhan media sosial maupun belanja online. Namun, jangan sekali-kali password kalian itu menggunakan nama ya, bahaya.

Berdasarkan analisis perusahaan cybersecurity ID Agent, sebagaimana dikutip Mashable, Sabtu (9/5/2020) menemukan banyak password yang isinya nama, misalnya nama kota, band, tim olahraga, atau nama kalian sendiri.

Kesimpulan ID Agent tersebut tak lepas setelah mereka melihat penyebaran dua miliar kata sandi yang dibagikan di dark web. Mereka menemukan banyak kesamaan password yang dicuri, yaitu sebuah nama.

Disebutkan, kebanyakan dari sebuah akun itu passwordnya mengambil nama kata depan. Jelas itu merupakan pilihan yang salah, sehingga dapat mudah dibobol hacker. Begitu juga untuk akun anonim, yang mana hacker memungkinkan menelusuri hingga profile media sosial kalian.

Adapun nama George yang sering dipakai sebagai kata sandi. Setelah itu ada, Michael, Hunter, Charlotte, dan Matthew.

Untuk nama kota yang dijadikan password itu Dallas. Sedangkan nama band, seperti The Beatles, Blink 182, Rush, dan Blondie. Sedangkan, tim olahraga yang dibuat 'benteng pertahanan' akun itu Yankess, Steelers, Eagles, dan Red Sox.

Bahkan, tokoh-tokoh kartun atau superhero tak sedikit yang memanfaatkannya untuk melindungi sebuah akun, sebut saja Tigger, Snoopy, Mickey, Superman, dan Batman yang paling umum dipakai.

Selama pandemi Corona ini, banyak serangan siber untuk mengambil keuntungan untuk mencuri informasi pribadi. Jadi, ada baiknya luangkan waktu dan evaluasi kembali pilihan password akun kalian, sudah tepat atau masih mudah ditebak?

Mike Tyson akan bertinju lagi, serius?


Simak Video "Polisi Ringkus Hacker Peretas Ribuan Situs di Dalam dan Luar Negeri!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)