Zoom Sembunyikan ID Rapat untuk Cegah Zoom Bombing

Zoom Sembunyikan ID Rapat untuk Cegah Zoom Bombing

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 09 Apr 2020 18:35 WIB
Zoom Cloud Meeting
Zoom Sembunyikan ID Rapat untuk Cegah Zoom Bombing (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Beberapa waktu yang lalu Zoom diterpa masalah keamanan terkait Zoom Bombing. Fenomena ini merupakan kejadian di mana orang asing menyusup ke dalam rapat online dan mengirimkan gangguan berupa konten pornografi atau ujaran kebencian disertai ancaman.

Salah satu hal yang memudahkan orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan Zoom Bombing adalah ID rapat online yang bisa diketahui dengan mudah. Untuk menyelesaikan masalah ini, Zoom memutuskan untuk menyembunyikan ID tersebut.

Dikutip detikINET dari Mashable, Kamis (9/4/2020) ID ini berisi sembilan hingga 11 digit angka acak yang sebelumnya ditampilkan di title bar aplikasi Zoom.

Saat makin banyak orang bekerja dan belajar dari rumah untuk menghindari penyebaran virus corona, mereka biasanya mengambil screenshot atau foto yang memperlihatkan jendela rapat Zoom mereka untuk diunggah di media sosial. Kadang foto dan screenshot tersebut berisi ID yang terpampang jelas.

Semua orang pun bisa melihat ID tersebut, termasuk mereka yang berniat jahat. Bahkan orang yang seharusnya mengerti masalah ini seperti Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga lalai karena menampilkan ID rapat online kabinet Inggris di media sosial.

Untungnya saat ini dengan update terbaru ID rapat Zoom tidak lagi terpampang di bagian atas layar. ID yang tersembunyi tentu bisa melindungi peserta rapat dan menghindari munculnya orang tidak diundang di tengah-tengah diskusi.

Update ini tersedia untuk Zoom versi 4.6.20041.0408. Untuk aplikasi desktop, kalian bisa meng-update Zoom dengan membuka aplikasinya dan klik opsi 'Check for Updates'.

Untuk aplikasi Android dan iOS, bisa di-update lewat Google Play Store dan App Store. Tapi saat ini belum ada tanda-tanda perubahan untuk ID rapat di halaman update Zoom untuk Android dan iOS.

Ini merupakan fitur kesekian yang dirilis Zoom untuk meningkatkan keamanan platform-nya dari Zoom Bombing. Sebelumnya mereka meluncurkan fitur waiting room dan mewajibkan peserta meeting yang bergabung dalam sesi secara manual untuk memasukkan password.



Simak Video "Messenger Rooms Facebook Ancam Eksistensi Zoom"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)