Cara Ini Cegah Kamu Salah Kamar Saat Mau Zoom Meeting

Cara Ini Cegah Kamu Salah Kamar Saat Mau Zoom Meeting

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 06 Apr 2020 17:41 WIB
zoom meeting
Cara Ini Cegah Kamu Salah Kamar Saat Mau Zoom Meeting (Foto: ZmURL)
Jakarta -

Link URL untuk meeting Zoom terlihat sama. Jadi kita tidak tahu kalau link tersebut mengarahkan kita ke Zoom meeting yang mana. Bisa saja kan kita salah kamar masuk ke meeting Zoom yang bukan seharusnya.

Kalian terpikir tidak, seandainya link URL meeting Zoom yang dibagikan bisa menampilkan preview headline dan gambar orang yang akan berbicara dengan kita? Nah, ternyata ada layanan bernama ZmURL.com yang mengakomodir itu.

ZmURL adalah tool gratis yang memungkinkan kalian menyesuaikan URL undangan meeting Zoom dengan menambahkan judul, penjelasan dan foto. Keterangan ini nantinya akan muncul sebagai preview ketika kalian share URL link-nya.

Seperti dikutip dari Tech Crunch, ZmURL juga bisa diatur untuk menyertakan email orang-orang yang diundang meeting online. Jadi kamu bisa memutuskan siapa yang akan diterima masuk ke dalam rapat. Cara ini juga mencegah terjadinya orang tidak dikenal atau pelaku Zoom bombing menyusup di meeting Zoom.

"Kami membuat zmurl.com untuk memudahkan orang tetap dekat meski berjauhan secara fisik. Kami harap ini bisa menjadi bagian dari tool berguna untuk tetap terhubung di masa karantina seperti sekarang," kata co-founder ZmURL Victor Pontis.

Zoom sejatinya memang tidak dibuat untuk diskusi publik terbuka. Tetapi dengan banyaknya orang-orang berdiam di rumah selama masa pandemi COVID-19, jumlah pengguna hariannya meningkat signifikan dari 10 juta menjadi 200 juta.

Seiring semakin banyak orang menggunakan Zoom, maka semakin banyak pula ancaman cyber yang menyasarnya. Salah satunya Zoom bombing yang disebutkan sebelumnya.

Zoom bombing merupakan serangan berupa gangguan dari luar yang membajak video konferensi dengan mengirim gambar-gambar porno atau ujaran kebencian disertai ancaman, sehingga menghentikan segala interaksi sosial online yang sedang dilakukan. Serangan ini diketahui semakin meningkat secara signifikan selama pandemi.

Kehadiran ZmURL diharapkan bisa membantu masalah ini. Untuk menggunakan tool ini, kamu hanya perlu mengunjungi ZmURL.com, masukkan link URL Zoom meeting yang ingin dibagikan, lalu upload foto, beri nama Zoom meeting, jangan lupa sertakan deskripsi dan waktu serta tanggal Zoom meeting dimulai.


ZmURL kemudian akan membuatkan URL untuk kamu bagikan. Saat kamu membagi URL ini ke aplikasi chat atau media sosial, orang yang akan klik link tersebut akan melihat deskripsi tersebut sehingga yakin mereka tidak akan salah kamar.



Simak Video "Daftar Negara dan Lembaga yang Larang Penggunaan Zoom"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)