Penipuan WhatsApp Gold Kembali Lagi, Jangan Sampai Terkecoh!

Penipuan WhatsApp Gold Kembali Lagi, Jangan Sampai Terkecoh!

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 28 Mar 2020 18:05 WIB
WhatsApp
Penipuan WhatsApp Gold Kembali Lagi, Jangan Sampai Terkecoh! Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta -

Penipuan yang mempromosikan WhatsApp Gold mendadak ramai lagi di media sosial. Penipuan ini menjanjikan WhatsApp versi khusus dengan fitur-fitur tersembunyi yang digunakan oleh selebriti dan orang kaya.

Dikutip detikINET dari Metro, Sabtu (28/3/2020) berdasarkan keterangan beberapa orang yang telah terkecoh dengan penipuan ini mereka menemukan pesan yang mengatakan WhatsApp versi khusus telah tersedia.

"Hey, akhirnya WhatsApp versi emas yang rahasia telah keluar. Versi ini hanya digunakan oleh selebriti ternama. Sekarang kita juga bisa gunakan," tulis pesan tersebut.

Pesan tersebut biasanya ditemani dengan sebuah tautan untuk mengunduh WhatsApp Gold. Jika menemukan pesan dengan tautan tersebut, jangan diklik karena kalian bisa saja mengunduh malware yang berbahaya.

WhatsApp juga sudah mengomentari keberadaan WhatsApp Gold, yang juga dikenal sebagai WhatsApp Plus. Lewat halaman FAQ di situsnya, WhatsApp mengatakan bahwa aplikasi tersebut tidak dikembangkan oleh mereka.

Berdasarkan laporan lainnya, penipu yang memanfaatkan hoax WhatsApp Gold juga memperingatkan adanya video bernama 'Dance of the Pope' yang jika dibuka bisa menghapus isi ponsel. Padahal tidak diketahui video ini benar-benar ada atau tidak karena pesan tersebut hanya berisi teks.

Hoax WhatsApp Gold sebenarnya telah dimanfaatkan oleh penipu sejak tahun 2016. Pada awal tahun 2019, hoax ini juga sempat beredar lagi dengan isi pesan yang sama.

Untuk kasus tahun 2019, hoax WhatsApp Gold juga memperingatkan adanya sebuah video yang dikirimkan WhatsApp berjudul Martinelli yang jika ditonton bisa menginfeksi ponsel. Padahal tidak ada indikasi bahwa video ini eksis, alias hoax.

Sama seperti hoax WhatsApp Gold, hoax video Dance of the Pope dan Martinelli juga telah beredar sejak lama. Pakar keamanan siber pun mengimbau pengguna WhatsApp agar tidak meneruskan pesan-pesan berisi hoax tersebut agar tidak membuat pengguna lain panik dan bingung.



Simak Video "WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Lagi: Hapus Chat dalam 7 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)