Jumat, 14 Feb 2020 11:57 WIB

Google Tegur Samsung Gara-gara Oprek Kernel Android

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Hacker Rusia Berhasil Membobol Jaringan Komunikasi Pemerintah Jerman Google Tegur Samsung Gara-gara Oprek Kernel Android (Foto: DW News)
Jakarta -

Niat Samsung untuk meningkatkan keamanan ponsel Galaxy-nya dengan memodifikasi kode kernel Android malah membuat mereka ditegur oleh Google. Kenapa?

Modifikasi kode kernel yang dilakukan Samsung itu, menurut Google Project Zero (GPZ), malah memunculkan celah keamanan baru di Android. Karena itulah GPZ yang merupakan tim keamanan Android, menegur Samsung.

Langkah Samsung itu menurut GPZ hanya menambah celah keamanan dengan menambah jalur driver custom dengan akses langsung ke hardware lewat kernel Linux milik Android, demikian dikutip detikINET dari Zdnet, Jumat (14/2/2020).

Jann Horn, peneliti keamanan di GPZ, menyebut perusahaan pembuat ponsel lebih baik menggunakan fitur keamanan yang sudah ada di kernel Linux. Ia pun menyebut sebenarnya modifikasi yang dilakukan Samsung ini juga sering dilakukan oleh pabrikan ponsel lain.

Dalam postingan blognya, Horn juga menyebut GPZ tengah berusaha untuk mengurangi dampak negatif dari aksi para vendor yang mengubah ataupun menambahkan kode unik di kernel Android.

"Android sudah berusaha mengurangi dampak keamanan dari kode semacam ini dengan mengunci proses yang mempunyai akses ke driver perangkat, yang biasanya dibuat secara spesifik sesuai vendornya," tulis Horn.

Google Tegur Samsung Gara-gara Oprek Kernel Android


Simak Video "Unboxing Samsung Galaxy M31 yang Ditenagai 6.000 mAh"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)