Rabu, 22 Jan 2020 09:57 WIB

Kominfo Mau Beberkan Kasus Pembobolan Rekening Lewat SIM Swap

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Unspslah
Jakarta - Modus kejahatan dengan SIM swap atau menukar SIM card yang dialami wartawan senior Ilham Bintang, menyita perhatian publik, termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) I Ketut Prihadi Krena mengatakan, pada hari ini, Rabu (22/1/2020), Kominfo akan mengungkapkan seperti apa permasalahan SIM swap yang bikin heboh belakangan ini.

"Rencananya akan ada press conference BRTI dan Indosat terkait dengan permasalahan penggantian SIM card pelanggan Indosat," ujar Ketut.


Berdasarkan undangan yang diterima detikINET, konferensi pers pada hari ini akan dipaparkan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) sekaligus sebagai Ketua BRTI.

Selain membahas soal SIM swap, pada kesempatan tersebut juga Dirjen Aptika akan mengupas isu-isu yang terkait perlindungan data pribadi. Sebagai informasi, Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada tahun ini masuk ke dalam Prolegnas 2020.

Diberitakan sebelumnya, Ilham Bintang mengaku rugi ratusan juta rupiah. Uang tersebut raib akibat ada pelaku kejahatan yang membobol rekening miliknya dengan modus SIM swap.

Saat ini, Ilham menunggu tindak lanjut dari pihak kepolisian untuk mengusut kejadian tersebut. Kasus ini bisa menimpa semua orang dan Ilham mengingatkan agar semua waspada.




Kominfo Mau Beberkan Kasus Pembobolan Rekening Lewat SIM Swap


Simak Video "Begini Aksi Para Tersangka Saat Membobol Rekening Ilham Bintang"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)