Senin, 13 Jan 2020 18:37 WIB

Google Jamin Keamanan Browser Chrome di Windows 7 yang Mau Tamat

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Internet
Jakarta - Microsoft akan menghentikan dukungan terhadap Windows 7 dalam hitungan jam, namun Google tetap menjamin keamanan browser Chrome yang dipakai di OS tersebut.

Dukungan keamanan terhadap Chrome di Windows 7 ini dijamin oleh Google setidaknya selama 18 bulan setelah Microsoft menyetop dukungan keamanan di OS-nya itu, alias sampai 15 Juli 2021.

Seperti diketahui, Microsoft akan menghentikan dukungan terhadap Windows 7 pada 14 Januari 2020. Setelah itu, tak akan lagi pembaruan keamanan pada OS jadul itu, demikian dikutip detikINET dari Zdnet, Senin (13/1/2020).

Meski begitu, pengguna kelas enterprise masih bisa menambah masa pakai Windows 7-nya dengan membayar sejumlah uang untuk mendapat Extended Security Updates for Windows 7 dari Microsoft. Konsumen semacam inilah yang menjadi alasan Google memperpanjang dukungan terhadap Chrome di Windows 7.


Engineering Director Google Chrome Max Christoff menyebut tambahan dukungan ini diberikan untuk para pengguna kelas enterprise yang belum memperbarui sistem operasinya. Utamanya karena pengguna kelas ini diperkirakan banyak bergantung pada cloud dan aplikasi Software as a Services (SaaS), yang berjalan lewat browser.

"Kami menjaga (konsumen) kelas enterprise, terutama untuk mereka yang belum pindah ke Windows 10. Jadi jika Anda belum pindah ke Windows 10, atau perusahaan Anda belum bermigrasi secara penuh, Anda tetap bisa mendapat keuntungan dari kemampuan enterprise dari Chrome," ujar Christoff.

Ada sejumlah keunggulan yang dijagokan Google dari Chrome untuk enterprise di Windows 7 ini. Antara lain adalah teknologi Safe Browsing, proteksi isolasi situs, proteksi password dan phishing, dan juga manajemen kebijakan untuk para admin IT.

Sebelumnya, Google pun memperpanjang dukungan Chrome di Windows XP. Masa dukungannya itu bahkan lebih panjang lagi, tepatnya hampir 2 tahun setelah Microsoft menghentikan dukungan untuk OS-nya tersebut.


Google Jamin Keamanan Browser Chrome di Windows 7 yang Mau Tamat


Simak Video " Dihajar Corona, Saham Microsoft Bonyok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)