Senin, 30 Des 2019 12:23 WIB

Cara Oknum Ojol Bobol Saldo Gopay Maia Estianty

Agus Tri Haryanto - detikInet
Halaman 1 dari 2
Oknum ojol membobol isi GoPay Maia Estianty. Oknum ojol membobol isi GoPay Maia Estianty.
Jakarta - Pengamat teknologi Lucky Sebastian menjelaskan, bagaimana oknum driver Gojek bisa mengambil alih akun milik Maia Estianty dan menguras isi Gopay miliknya.

Akhir pekan kemarin, Maia geram bukan kepalang karena ia ditipu oleh seorang oknum ojek online (ojol). Ketika seharusnya mantan istri Ahmad Dhani ini mendapatkan pesanan makanan yang ia pesan lewat GoFood dengan membayar menggunakan GoPay, malah dia kena bobol.



Ojol tersebut mengaku motornya mogok dan meminta kepada Maia untuk mengetik kode **21*nomor tujuan#. Alhasil, saldo GoPay yang dimiliki Maia terkuras oleh oknum driver tersebut.

Berdasarkan pengamatan Lucky, Maia tampaknya tidak ngeh kalau itu kode Man to Machine Interface (MMI) untuk mengalihkan telepon yang harusnya masuk ke telepon ibu dari Al, El, Dul ini, tapi malah ke nomor telepon oknum ojol. Lucky mengatakan praktik tersebut istilahnya call forwading.

Oknum ojol tersebut juga sudah menginstal aplikasi Gojek dan log ini menggunakan nomor Maia. Untuk masuk ke aplikasi, Gojek akan minta memasukkan empat angka One Time Password (OTP) kepada pengguna yang sudah dikirimkannya lewat SMS. OTP ini untuk memastikan bahwa yang masuk ke aplikasi yang punya nomor tersebut.




(agt/fay)