Rabu, 20 Nov 2019 13:39 WIB

Hati-hati, Kamera dan Mikrofon Ponsel Android Bisa Dibajak

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi Pixel 4. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Ilustrasi Pixel 4. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Setelah sebelumnya ditemukan celah di aplikasi Facebook untuk iOS yang bisa menyalakan kamera di background, kini celah serupa muncul di Android.

Berbeda dengan celah di iOS yang memanfaatkan aplikasi Facebook, celah di Android memanfaatkan celah yang ada di sistem operasi. Celahnya sendiri ditemukan oleh Checkmarx, sebuah perusahaan keamanan.

Mereka menemukan sebuah celah yang berpotensi membuat kamera dan mikrofon di ponsel Android dibajak oleh orang tak bertanggung jawab, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (20/11/2019).


Celah ini memanfaatkan sistem permission di Android, yaitu ketika menginstal aplikasi baru maka aplikasi itu akan meminta izin untuk mengakses beberapa fitur yang ada di ponsel. Namun celah ini membuat aplikasi tak perlu meminta izin untuk mengakses kamera dan mikrofon, melainkan hanya melalui akses ke storage perangkat.

Dari akses ke storage perangkat tersebut, hacker tetap bisa mengaktifkan kamera dan mikrofon, yang tentunya tanpa sepengetahuan pengguna ponselnya.

Untungnya Google sudah menyadari keberadaan celah ini dan sudah menambalnya. Namun yang perlu dicatat, Google baru memperbaiki celahnya di perangkat buatannya.

Sementara menurut Checkmarx, celahnya juga bisa dipakai di perangkat non Pixel. Sehingga ponsel buatan pabrikan selain Google saat ini masih berpotensi dibajak mikrofon dan kameranya. Waduh!



Simak Video "Dear Pengguna Android, Aplikasi Ini Bisa Bikin Rugi Miliaran Rupiah!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)