Kamis, 31 Okt 2019 16:51 WIB

Ada Malware Korut di Pembangkit Listrik Nuklir India

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Indiawaterportal.org Foto: Dok. Indiawaterportal.org
Jakarta - Salah satu jaringan pembangkit listrik nuklir di India terinfeksi malware buatan hacker yang diduga disponsori oleh pemerintah Korea Utara.

Hal ini dikonfirmasi oleh Nuclear Power Corporation of India (NPCIL). Sebelumnya memang beredar kabar di Twitter yang menyebut Kudankulam Nuclear Power Plant (KNPP) terinfeksi oleh sebuah varian malware berbahaya.

Adalah Pukhraj Singh, mantan analis keamanan di National Technical Research Organization India, yang pertama membeberkan informasi mengenai malware ini ke Twitter. Kicauannya itu menjadi viral karena beberapa hari sebelumnya, salah satu reaktor di pembangkit listrik tersebut mendadak mati.


Awalnya pihak KNPP menepis tudingan kalau mereka terinfeksi oleh malware, menyebut kicauan Singh itu sebagai informasi palsu, dan memastikan kalau serangan siber terhadap pembangkit listrik itu tidak mungkin terjadi.

Namun kemudian NPCIL mengkonfirmasi adanya serangan siber tersebut dalam pernyataan resminya.

"Malware yang teridentifikasi di sistem NPCIL itu benar adanya," tulis mereka.

Menurut NPCIL, malware tersebut hanya menginfeksi jaringan administratif, dan tak bisa menjangkau jaringan internal yang terisolasi, termasuk yang mengatur reaktor di pembangkit listrik itu.
Selanjutnya
Halaman
1 2