Rabu, 04 Sep 2019 18:05 WIB

Gmail di iOS Kini Bisa Blok Gambar

Josina - detikInet
Ilustrasi Gmail. (Foto: detikINET - Irna Prihandini) Ilustrasi Gmail. (Foto: detikINET - Irna Prihandini)
Jakarta - Google baru saja memberikan update terbaru untuk aplikasi Gmail di perangkat iOS yang memungkinkan pengguna untuk memblok gambar eksternal dalam email agar tidak ditampilkan secara otomatis.

Pengguna dapat memilih pengaturan untuk ditanya setiap kali apakah mau menampilkan gambar eksternal dalam email atau tidak. Pengaturan baru ini dimaksudkan untuk menetralkan layanan pelacakan yang menanamkan gambar kecil tak terlihat ke email, untuk memberi tahu kepada pengirim bahwa email telah dibuka penerima.




"Anda sekarang dapat memilih untuk ditanyakan sebelum gambar eksternal ditampilkan secara otomatis. Untuk mengaktifkan ini untuk pesan masuk baru, buka Pengaturan -> akun khusus -> Gambar lalu pilih 'Tanya' sebelum menampilkan gambar eksternal," Tulis deskripsi log pembaruan di Apps Store.

Dilansir detikINET dari 9to5mac pengaturan baru di Gmail iOS ini adalah respons terhadap kontroversi ketika mantan eksekutif Twitter Mike Davidson memperhatikan bagaimana layanan email berlangganan memungkinkan pengguna melacak lokasi dan waktu ketika email dibuka.




Gmail sebenarnya telah lama punya fitur menonaktifkan tampilan otomatis gambar eksternal walaupun saat itu hanya tersedia di desktop saja, sebelum kali ini telah tersedia untuk di perangkat iOS. Selain itu, fitur terbaru lain di Gmail dapat mencegah pelacakan, seperti memblokir pengirim agar tak melacak penerima via alamat IP.



Simak Video "Fitur Baru iOS 13 untuk iPhone 6S hingga Versi Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/krs)