Senin, 12 Agu 2019 11:56 WIB

Waduh, Kamera DSLR Pun Bisa Kena Ransomware

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi DSLR Canon Foto: Dok. Canon Ilustrasi DSLR Canon Foto: Dok. Canon
Jakarta - Selama ini ransomware hanya menyerang ke perangkat PC atau smartphone, namun ternyata varian malware ini juga bisa menyerang kamera DSLR.

Peneliti keamanan di Checkpoint melaporkan kalau mereka bisa menginstal malware secara remote di kamera DSLR menggunakan metode transfer gambar yang sudah ada. Metode yang dimaksud bernama Picture Transfer Protocol.

Menurut Eyal Itkin, peneliti di Checkpoint, Picture Transfer Protocol adalah metode yang ideal untuk mengirimkan malware, karena metode ini tak terautentikasi dan bisa menggunakan koneksi WiFi maupun USB.

Dalam laporan tersebut disebut kalau seseorang dengan access point WiFi yang sudah terinfeksi bisa mengirimkan malware tersebut ke targetnya secara nirkabel, dan bahkan bisa menyebarkan malware tersebut ke PC milik korbannya.


Itkin menunjukkan bagaimana ia bisa menyerang sebuah Canon EOS 80D melalui WiFi, dan mengenkripsi foto yang tersimpan di kartu SD-nya, sehingga si korban tak lagi bisa mengakses foto tersebut.

Dalam laporan tersebut Itkin juga menyebut kamera bisa menjadi target yang sangat potensial bagi hacker, karena menyimpan banyak foto pribadi yang mungkin berharga bagi pemiliknya. Target semacam ini menjadi sasaran empuk untuk serangan ransomware, di mana hacker bisa meminta uang tebusan untuk mendekripsi foto tersebut.

Checkpoint sendiri sudah mengungkap celah ini ke Canon pada Maret lalu, dan kedua perusahaan itu sudah mengembangkan penambalnya sejak Mei lalu. Kemudian pada awal Agustus ini Canon sudah memperingkatkan penggunanya untuk menghindari koneksi ke jaringan WiFi yang tak aman, mematikan fungsi jaringan di kameranya saat tak digunakan, dan tentu saja menginstal security patch baru ke dalam kameranya.

Untuk saat ini, menurut Itkin, celah ini hanya berfungsi di kamera buatan Canon. Namun tak menutup kemungkinan karena kompleksitas dari protocol tersebut, pabrikan kamera lain juga bisa terdampak dari celah tersebut.

Simak Video "Ini Nih Rahasia Kamera Ponsel Bisa Serasa Kamera DSLR!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed