Selasa, 23 Apr 2019 10:19 WIB

Tips Cara Mudah Bikin Password yang Sulit Diretas

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Tips cara mudah bikin password yang sulit diretas. (Foto: Thinkstock) Tips cara mudah bikin password yang sulit diretas. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Baru-baru ini, badan keamanan siber Inggris mengemukakan 123456 sebagai password paling banyak digunakan oleh akun yang pernah dibobol orang iseng, dedemit maya, atau hacker. Paling tidak, 23 juta orang yang pernah diretas menggunakan kata sandi itu.

Hal ini tentu menjadi alarm untuk membuat password yang lebih rumit agar tak mudah diretas. Lantas, bagaimana cara menentukan kata sandi yang sulit namun tetap mudah diingat?




Sebelum sampai ke sana, coba lihat contoh susunan password berikut: Kasi1221ID-@@-. Tampak rumit? Bisa dibilang iya.

Walau begitu, ada pola sederhana yang terdapat di dalamnya. Untuk memahaminya, kamu perlu memisahkannya menjadi empat bagian, sebagaimana detikINET kutip dari Forbes, Selasa (23/4/2019).

Pertama adalah kata "Kasi". Ini mewakili dari hal-hal yang erat kaitannya dengan kamu, dan tentunya harus mudah diingat.

Misalnya, kamu tinggal di Bekasi. Kamu bisa saja memasukkannya langsung di password, namun susunan kata itu masih terbilang umum.




Untuk membuatnya menjadi lebih unik, kamu bisa memotongnya, hingga muncul lah kata "Kasi". Kalau mau, kamu juga bisa memotongnya menjadi "Beka".

Nah, sebuah platform biasanya meminta penggunanya untuk membuat password dengan angka di dalamnya. Hal ini membuat peran "1221" pada contoh kata sandi itu penting.

Penggunaan tanggal lahir mungkin terlalu biasa sehingga mudah diretas. Untuk itu, agar tetap mudah diingat, kamu bisa coba kombinasi angka yang posisinya berurutan, seperti 12 dan 34, atau yang terpisah dengan satu angka, misalnya 13 dan 24.

Kemudian, pada bagian "ID" merupakan akronim dari sesuatu yang dekat dengan kamu. Di sini, dua huruf tersebut mewakili "Indonesia".




Keberadaannya bisa jadi tampak tidak begitu penting. Meski begtu, ia bisa menjadi pembeda untuk password yang kamu gunakan di tiap media sosial, ketimbang harus merombak susunan secara keseluruhan.

Terakhir, beberapa platform mengharuskan penggunanya untuk menyertakan simbol di dalam password. Maka dari itu "-@@-" bisa jadi pilihan. Ia mewakili "1221" di dalam password. Untuk memastikannya, kamu bisa lihat keypad kamu, simbol apa yang tertera pada angka 1 dan 2.

Komponen yang kamu gunakan bisa kamu utak-atik urutannya sesuai keinginan. Misalnya, hasil akhirnya menjadi 1221ID-@@-Kasi atau Kasi1221-@@-ID.




Selain itu, kamu bisa menentukan latar belakang dari pemilihan komponen masing-masing. Misalnya, kata pertama merupakan nama guru SD kesayangan kamu, atau angka yang digunakan merupakan tanggal pengambilan rapot ketika duduk di bangku 1 SMA.

Sebagai catatan, jangan gunakan password yang disebutkan sebagai contoh di atas ya. Bisa jadi para hacker juga sudah membaca artikel ini dan malah membuat kamu yang menggunakannya jadi diretas.


Saksikan juga video 'Inovasi Baru! Dua Teknologi Penghalang Hacker':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/krs)