Selasa, 02 Apr 2019 19:43 WIB

Tweeps, Sudah Amankan Password dengan Verifikasi 2 Tahap?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Diretasnya akun Twitter Ketua Divisi Hukum dan Advokasi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menjadi pengingat untuk mengamankan akun Twitter pribadi. Salah satu caranya dengan mengaktifkan verifikasi 2 tahap.

Hal ini karena password saja tidaklah cukup untuk menjadi tembok antara pemilik akun dengan para dedemit maya. Di sinilah verifikasi 2 tahap mempunyai peran, yaitu dengan mengirimkan kode verifikasi setiap ada percobaan login ke akun Twitter.

Fitur ini bisa diaktifkan pada opsi profile, lalu masuk ke pengaturan Setting and privacy. Lalu memilih Account dan Set up login verification. Sementara pada perangkat mobile, ada langkah tambahan, yaitu masuk ke bagian Security.


Untuk mulai mengaktifkan fitur ini, klik Start, masukkan password dan klik Verify. Setelah itu klik Send code untuk menambahkan nomor ponsel tempat pengiriman kode verifikasi yang diinginkan.

Twitter akan mengirimkan kode verifikasi ke ponsel. Setelah diterima, masukkan kode tersebut dan klik Submit. Maka selesailah proses pengaktifkan fitur verifikasi 2 tahap di Twitter.

Sebenarnya, pengguna pun bisa memilih untuk menggunakan verifikator pihak ketiga, seperti Authy, Google Authenticator, Microsoft Authenticator, dan LastPass Authenticator. Penggunaan verifikator pihak ketiga ini dinilai lebih aman karena lebih susah dijebol ketimbang SMS. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed