Senin, 17 Des 2018 13:09 WIB

Hacker Retas 100 Ribu Printer Demi Dukung PewDiePie

Agus Tri Haryanto - detikInet
YouTuber PewDiePie. Foto: Istimewa YouTuber PewDiePie. Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang hacker anonim mengklaim telah meretas 100 ribu printer di sejumlah negara. Menariknya, printer tersebut mencetak selembar kertas untuk mengajak dukungan terhadap YouTuber PewDiePie.

Sebagai informasi, perebutan tahta penguasa YouTube sebagai kanal dengan jumlah subscriber terbanyak kian memanas di antara PewDiePie dan studio musik India, T-Series.

Jumlah subsciber keduanya tak jauh beda. Seperti pantauan detikINET pada hari ini, Senin (17/12/2018) kanal PewDiePie terpantau memiliki 77,1 juta subsciber dan T-Series mempunyai 75,7 juta subscriber.



Dalam lembaran yang tercetak di printer, berbunyi kalau PewDiePie dalam masalah dan diharapkan masyarakat untuk mengklik tombol subcribe di kanal YouTuber yang bernama asli Felix Arvid Ulf Kjellberg tersebut.

"PewDiePie dalam masalah dan dia membutuhkan bantuanmu untuk mengalahkan T-Series," demikian isi dari lembaran yang tercetak dari printer tersebut.

Peretas mengatakan, lebih dari 100 ribu mesin print yang diretasnya, tersebar di Inggris, Amerika Serikat (AS), Argentina, Spanyol, Australia, dan Chile. Tak sedikit dari mereka memamerkan cetakan tersebut ke media sosial.

Kasus ini jadi rentetan kejadian serupa yang berlangsung pada beberapa waktu lalu. Sebelumnya, 50 ribu mesin print mendadak mencetak selembar kertas dengan seruan yang sama, agar berbondong-bondong men-subcribe kanal YouTube PewDiePie.

Pesan Terselubung

Di balik ajakan tersebut, hacker juga memiliki tujuan lain, yaitu memberitahu bahwa printer yang kalian miliki bermasalah. Ini dibuktikan adanya celah keamanan yang membuat peretas dapat mencetak lembaran dari jarak jauh.

"Saya sudah mencoba menunjukkan bahwa peretasn bukanlah permainan atau mainan, itu memiliki konsekuensi kehidupan nyata yang serius," ujar hacker kepada BBC.

"Kami benar-benar ingin orang memperhatikan soal ini karena bisa saja menyebabkan kerusakan fisik," sambungnya.



Peretas tersebut menjelaskan ada celah pada firmware printer. Hal itu memungkinkan peretas dapat menyalin data-data penting.

"Serius. Perbaiki printer Anda. Itu bisa disalahgunakan," kata hacker yang mereka sampaikan di selembaran kertas.



Tonton juga video 'Inovasi Baru! Dua Teknologi Penghalang Hacker':

[Gambas:Video 20detik]

(rns/fyk)