Jumat, 02 Nov 2018 17:11 WIB

Penting! Yang Harus Dilakukan jika Instagram Kamu Kena Hack

Rachmatunnisa - detikInet
Ini yang harus dilakukan jika akun Instagram-mu kena hack (Foto: Justin Sullivan/Getty Images) Ini yang harus dilakukan jika akun Instagram-mu kena hack (Foto: Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta - Akun media sosial (medsos) kena hack jelas tak menyenangkan. Apalagi jika akun medsos tersebut, misalnya Instagram, dipakai untuk menunjang profesi dan bisnis.

Seperti yang dialami fashion blogger asal Rusia Olia Kedik atau dikenal di Instagram dengan nama Olia Moda (@oliamoda), yang akun Instagram-nya dihack pada awal Agustus 2018.


Celakanya, untuk membebaskan akun Instagramnya dari 'penculikan', hacker meminta tebusan sebesar USD 350 atau sekitar Rp 5,2 juta. Nominal tebusannya mungkin relatif kecil. Namun tetap saja merepotkan dan harus ditebus karena akun tersebut sudah menjadi bagian dari pekerjaannya.

Dikutip detikINET dari EuroNews, Jumat (2/11/2018), ketika berupaya menebusnya pun, pelaku kejahatan cyber tidak mengembalikan akun tersebut padanya.

"Saya mencoba menghubungi pelaku dan menegonya untuk mengirimkan uang lewat Western Union, bukan Bitcoin. Saya berharap akun saya bisa cepat kembali, tapi nihil. Hacker tersebut tidak mengembalikan akun saya," ujarnya.

Menanggapi hal ini, Instagram menyebutkan bahwa pihaknya menyediakan sederet metode bagi para penggunanya untuk mendapatkan kembali akun mereka yang dihack.

"Kami menggunakan teknologi canggih untuk mendeteksi ketika sebuah akun dihack dan memberi notifikasi pada pengguna," kata Instagram.

Medsos berbagi foto dan video ini menyarankan pengguna untuk memilih password yang kuat dan unik, setidaknya terdiri dari enam karakter yang merupakan kombinasi angka, huruf dan tanda baca.

Selain password yang sulit ditebak, agar lebih aman, pengguna bisa mengaktifkan fitur two-factor authentication.

Selalu mengecek ulang ketika mengakses halaman informasi personal juga tidak kalah penting. Pastikan bahwa tautan yang diakses memang merupakan link resmi dari Instagram.

Disebutkan Instagram, pengguna bisa mendapatkan kembali akunnya yang kena hack. Berikut adalah sejumlah langkah yang perlu dilakukan jika kita kehilangan akses ke akun Instagram sendiri.

Langkah 1

Di halaman login di dalam aplikasi Instagram, masukkan username dan pilih 'Forgot password?'.

Langkah 2

Pada halaman berikutnya, kalian akan diberi opsi untuk dikirimkan link reset password lewat SMS, atau masukkan alamat email atau username untuk menerima link reset password ke akun email.

Langkah 3

Pilih opsi 'username'. Masukkan username kalian, lalu pilih opsi 'Need More Help?'.

Langkah 4

Halaman selanjutnya akan menawarkan form bantuan yang memungkinkan kalian menambahkan alamat email yang digunakan ketika mendaftar Instagram dan informasi lainnya untuk membantu mendapatkan kembali akun kalian.


Instagram memastikan bahwa ketika mereka mengetahui sebuah akun telah diretas, mereka akan mematikan akses ke akun tersebut hingga pemiliknya melapor dan diproses untuk dikembalikan.

(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed