Jumat, 12 Okt 2018 10:55 WIB

Hacker China Colong Apple ID untuk Curi Uang di Alipay

Adi Fida Rahman - detikInet
Ilustrasi. Foto: Jason Lee/Reuters Ilustrasi. Foto: Jason Lee/Reuters
Jakarta - Ant Financial (perusahan pemilik Alipay) dan Tencent Holdings memperingatkan adanya kejahatan cyber yang dilakukan hacker China. Mereka menyolong akun Apple ID untuk mencuri uang di layanan keduanya.

Pun begitu, baik Alipay dan Tencent tidak menyebutkan berapa uang yang telah dicuri hacker. Namun keduanya memastikan telah menghubungi Apple untuk bekerjasama mengungkap masalah ini lebih detail.




Dikutip detikINET dari Bloomberg, Jumat (12/10/2019), sejauh ini, perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu belum mengomentari kasus tersebut.

Baik Alipay maupun Tencent pun menghimbau para pengguna yang memiliki Apple ID yang terhubung dengan layanan pembayaran mereka untuk menurunkan batasan transaksi untuk mencegah kerugian yang besar pada pengguna.

Selain itu, mereka juga merekomendasikan agar pengguna mengambil langkah-langkah preventif pada akun Apple-nya, misalnya mengubah password sesegera mungkin.

Pasalnya, banyak pelanggan Alipay dan WePay sebagai pengguna iPhone, mereka menautkan dompet digital dengan Apple ID-nya. Setelah memperoleh akses, pencuri online dapat mentransfer uang tunai ke akun eksternal.

"Karena Apple belum menyelesaikan masalah ini, pengguna yang telah menautkan ID Apple mereka ke metode pembayaran apa pun, termasuk Alipay, WePay, atau kartu kredit, mungkin rentan terhadap pencurian," kata Alipay dalam akun Weibonya.




Layanan pembayaran digital telah menjadi sasaran yang menggiurkan bagi pencuri cyber karena popularitas mereka meningkat di seluruh dunia.

Ant Financial diperkirakan menangani lebih dari setengah pembayaran online tahunan sebesar USD 17 triliun. Sementara Tencent memiliki satu miliar pengguna.




Tonton juga 'Inovasi Baru! Dua Teknologi Penghalang Hacker':

[Gambas:Video 20detik]

(afr/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed