Rabu, 22 Agu 2018 11:46 WIB

Microsoft Sita Domain Milik Hacker Rusia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi Microsoft. Foto: Rengga Sancaya Ilustrasi Microsoft. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Microsoft menyita enam domain phising milik hacker pemerintah Rusia, yang didaftarkan oleh GRU, badan intelijen Rusia.

Domain ini sepertinya ditujukan untuk melakukan serangan spoofing, alias menyerupai domain-domain milik pemerintah AS dengan alamat antara lain 'senate.group' dan 'adfs-senate.email'.

Sementara domain yang lain mirip dengan domain milik International Republican Institute dan Hudson Institute, yang merupakan kelompok konservatif yang selama ini mengkritisi Presiden Donald Trump.

Domain-domain yang disita Microsoft tersebut diduga akan dipakai untuk melakukan phising mengandalkan domain yang mirip dengan aslinya itu. Lalu mereka akan mengirimkan email berisi malware ke targetnya sembari menyamar sebagai rekan kerja.

"Sebagai informasi, kami saat ini tak mempunyai bukti kalau domain ini sudah digunakan di serangan yang sukses sebelum DCU memindahkan kontrol terhadap mereka. Kami juga tak punya bukti untuk mengidentifikasi target utama dari rencana serangan yang melibatkan domain ini," ujar Presiden Microsoft Brad Smith dalam keterangannya.

Meski begitu, keberadaan domain ini adalah pengingat terhadap peran Rusia masih ada mungkin masih akan beraksi pada pemilu midterm AS pada November mendatang, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (22/8/2018). (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed