Senin, 12 Feb 2018 11:10 WIB

Olimpiade Musim Dingin Korsel Diserang Teroris Cyber

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Korsel. Foto: Ryan Pierse/Getty Images Pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Korsel. Foto: Ryan Pierse/Getty Images
Jakarta - Pihak penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 akhirnya mengkonfirmasi adanya serangan cyber yang terjadi saat upacara pembukaan acara tersebut.

Serangan cyber ini, menurut keterangan resmi dari penyelenggara, berdampak pada akses internet dan siaran televisi. Namun mereka memastikan tak ada hal kritis dari penyelenggaraan Olimpiade yang terkena dampak dari serangan tersebut.

Dilansir Reuters, Senin (12/2/2018), selama acara pembukaan Olimpiade Musim Dingin yang terjadi pada Jumat (8/2/2018), akses internet, baik melalui kabel dan WiFi mendadak padam. Begitu pun dengan situs resmi Olimpiade yang ikut-ikutan tumbang.

Hal ini berdampak pada penonton yang tak bisa mencetak tiket untuk menghadiri acara pembukaan tersebut. Hal ini kemudian diakui oleh komite penyelenggara, dan menyebut kalau masalah akibat serangan tersebut kini sudah diatasi. Sayangnya pihak penyelenggara enggan menyebut lokasi asal serangan tersebut.

Meski baru ketahuan saat acara pembukaan, sebenarnya gelaran ini sudah diserang sejak beberapa waktu sebelum dimulai. McAfee menyatakan mereka sudah mendeteksi adanya serangan sejak beberapa bulan sebelum Olimpiade Musim Dingin dimulai.

Serangan tersebut, menurut McAfee, berbentuk email malicious yang dikirimkan ke para ofisial Olimpiade. Dan saat itu mereka pun memprediksikan akan adanya serangan lanjutan. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed