Kamis, 19 Okt 2017 15:27 WIB

Google Buat Program Penghalau Serangan Cyber

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: BBC Magazine Foto: BBC Magazine
Jakarta - Google menciptakan sebuah program penghalau serangan cyber. Program ini diklaim memberikan keamanan bagi pengguna yang berisiko tinggi terkena serangan lewat online.

Program yang baru diperkenalkan pekan lalu ini diberi nama Advanced Protection. Google memfokuskan program tersebut untuk melindungi pelanggannya dari phising, kesalahan berbagi informasi, dan akses yang mencurigakan ke dalam sebuah akun.

Fitur-fitur tersebut lebih ditujukan kepada pemilik akun yang berprofesi sebagai jurnalis untuk melindungi kerahasiaan sumber, staf kampanye yang tengah mempersiapkan pemilihan umum, hingga korban kekerasan rumah tangga yang sedang mencari perlindungan.

"Google menciptakan program ini berdasarkan resiko besar dari dalam jaringan dan banyak yang meminta untuk penambahan keamanan," kata Dario Salice, Product Manager Advanced Protection, seperti dikutip detikINET dari CNET, Kamis (19/10/2017).

Nantinya, program ini akan menggunakan Security Keys lewat USB maupun perangkat nirkabel untuk masuk ke dalam akun.

Google menyebutkan, hal ini menjadikan proses sign in menjadi lebih aman lewat dua tahap verifikasi. Mereka menggunakan public key cryptography dan tanda tangan digital untuk memastikan identitas penggunanya.

User yang menggunakan Advanced Protection juga akan mendapat satu tahap tambahan ketika melakukan account recovery yang termasuk informasi tambahan dan permintaan mengenai alasan pengguna kehilangan akses terhadap akun mereka.

Fitur tersebut juga secara otomatis membatasi akses penuh untuk Gmail dan Google Drive terhadap beberapa aplikasi.

Google telah merencanakan program tersebut pada awal tahun ini ketika aksi pembajakan yang menyasar pada orang-orang kalangan atas, termasuk pembobolan akun Gmail yang menimpa Ketua Kampanye Hillary Clinton, John Podesta.

Mereka menambahkan, program tersebut terbuka untuk seluruh pemilik akun Google. Para peserta juga akan terus mendapat pembaharuan keamanan untuk akun yang mereka daftarkan. (rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed