Selasa, 15 Agu 2017 21:38 WIB

Aplikasi di Komputer atau Ponsel Bisa Aman, Asalkan..

Yudhianto - detikInet
Foto: BBC Magazine Foto: BBC Magazine
Jakarta - Menurut F5, penyedia solusi keamanan digital, aplikasi yang ada di komputer atau ponsel sejatinya bisa aman. Tapi ada syarat yang harus dipenuhi.

Kuna Cillan Nalappan, Senior Director Marketing APAC F5, menjelaskan syarat yang dimaksud adalah pengguna harus rajin-rajin melakukan update. Baik dari sisi aplikasinya sendiri maupun sistem operasinya.

"Aplikasi di sistem operasi sebenarnya sudah cukup aman. Asalkan pengguna melakukan update berkala," jelasnya, di Hotel Westin, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Masalahnya, update yang hadir bisa tak menentu, terkadang bisa beberapa minggu. Sementara, sembari menunggu waktu tersebut, bisa ada ancaman yang mengintai. Nalappan lantas sesumbar kalau pengguna membutuhkan proteksi tambahan.

"Update patch biasanya datang tiap beberapa waktu. Sehingga sembari menunggu waktu tersebut mereka membutuhkan perlindungan tambahan, dan kami menyediakan itu," umbarnya.

Meski demikian Nalappan tetap berpesan agar pengguna jangan sampai melewatkan update yang muncul, terutama untuk aplikasi. Karena menurutnya kebanyakan celah berada di aplikasi, sehingga tak mengejutkan kalau aplikasi kerap mendapat update dari pembuatnya.

"Karena masalah atau celah itu bersumber dari aplikasi. Oleh karenanya aplikasi juga selalu harus di-update," pungkasnya. (yud/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed