Sabtu, 13 Mei 2017 16:13 WIB

ID-SIRTII Rilis Tips Pencegahan Infeksi WannaCry

Yudhianto - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Dari 99 negara yang dipastikan terhantam serangan penyebaran ransomware WannaCrypt, Indonesia termasuk di antaranya. Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) lantas merilis tips pencegahan infeksi ransomware yang tengah mendunia tersebut.

Menurut ID-SIRTII, Wannacry mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan atau celah terkait fungsi SMB yang dijalankan di komputer. Meski serangannya telah meluas, sejumlah tips pencegahan bisa dilakukan demi terhindar dari serangan ransomware tersebut.

Tercatat ada beberapa langkah antisipasi yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi WannaCrypt. Dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, ID-SIRTII membeberkan lima poin yang bisa dilakukan berikut.

1. update security pada sistem operasi windows yang digunakan dengan menginstal Patch MS17-010 yang telah dikeluarkan oleh Microsoft, melalui tautan ini.
2. Jangan mengaktifkan fungsi macros
3. Non aktifkan fungsi SMB v1
4. Lakukan pemblokiran pada akses port 139/445 dan 3389
5. Backup file penting yang ada di komputer pada lokasi lain

Sebagai informasi, patch keamanan MS17-010 yang dirilis Microsoft sejatinya sudah diumumkan sejak bulan Maret lalu. Namun sepertinya sebagian besar komputer yang ada di dunia belum menginstalnya. Sehingga kelengahan ini pun dimanfaatkan secara masif oleh penyebar WannaCrypt.

Dalam keterangannya, ID-SIRTII juga menyebut belum ada solusi bagi komputer yang terlanjur terinfeksi WannaCrypt. Sehingga cara terbaik untuk menghindarinya salah satunya adalah dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Lebih lanjut, Wakil Ketua ID-SIRTII Muhammad Salahuddien Manggalany juga menyarankan agar perusahaan atau organisasi lainnya untuk meminimalkan sambungan internet di jaringan komputernya pada Senin pekan depan, sebelum memastikan patch keamanan dari Microsoft sudah diinstal. Pasalnya infeksi WannaCrypt berpotensi meningkat di hari kerja.

"Hari senin, kantor buka, mohon diwaspadai: agar jangan terhubung ke LAN dan internet dulu, backup data penting, pastikan anti virus sudah update serta security patch yang disarankan oleh microsoft sudah dilakukan," ujarnya melalui pesan singkat kepada detikINET.

Saksikan video 20detik tentang teroris siber di sini:



(yud/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed