Sabtu, 30 Okt 2010 10:07 WIB

Hoax McDonalds Hantui Facebook

- detikInet
Jakarta - Celah di Facebook kembali dikerjai pelaku yang tidak bertanggungjawab. Pelaku menipu lewat hoax (kabar burung) tentang restoran cepat saji McDonalds.

Dalam keterangan yang diterima detikINET, Sabtu (30/10/2010), analis antivirus Alfons Tanujaya, mengatakan aksi 'McDonalds' ini mirip dengan aksi 'video seksi' beberapa waktu lalu.

Dalam kasus 'McDonalds', Alfons menuturkan, pelaku memanfaatkan 'Event Invitation' di Facebook. Dari tautan yang ada di undangan itu, pelaku akan meminta korbannya mengizinkan (Allow) sebuah aplikasi di Facebook.

Jika diizinkan, account korban kemudian akan menyebarkan Invitation yang sama ke semua rekanannya. Ini tentu akan mengganggu pengguna Facebook lainnya.

Namun, Alfons menuturkan, apa yang dilakukan aplikasi bandel ini bukan pencurian identitas. Sehingga, meskipun kena tipu, account Facebook sang korban belum terbajak.

Bagaimana kalau sudah terlanjur jadi korban? "Segera informasikan ke seluruh kontak Facebook Anda untuk tidak mengklik link yang diberikan dan menyetujui instalasi aplikasi," Alfons memberi peringatan.



(wsh/wsh)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed