Kamis, 08 Apr 2010 18:09 WIB

Awas, Serbuan Zues Botnet!

- detikInet
Jakarta - Pengguna komputer Indonesia diimbau untuk waspada dalam hari-hari ke depan ini. Sebab, malware (program jahat) Zues Botnet yang sempat menggemparkan dunia maya mulai bergerak memasuki wilayah Tanah Air.

Analis virus dari Vaksincom, Alfons Tanujaya mengatakan, tingkat kewaspadaan ini tak cuma ditujukan bagi pengguna komputer biasa, namun juga para administrator perusahaan. Sebab, Zues Botnet hingga hari ini masih mengganas terutama di negara-negara dengan penetrasi internet tinggi.

"Bahkan (Zues Botnet) sempat dituding sebagai salah satu sarana penginfeksi dan pencuri data yang menyebabkan Google memutuskan hengkang dari China," tuturnya, dalam keterangannya kepada detikINET, Kamis (8/4/2010).

Menurut pengamatan Vaksincom, Zues botnet sangat sulit dideteksi kecuali dengan tools khusus pemindai trafik jaringan.

"Tetapi salah satu indikasi adanya Zues botnet adalah satu virus bernama Zbot yang akan di-drop pada komputer korbannya yang nantinya akan berfungsi sebagai agen Zues botnet untuk mencuri data penting korporat dan data rahasia negara," lanjut Alfons.

Nah, Zbot sendiri dalam kuartal 1 di 2010 didapuk menghuni peringat ke-11 dalam statistik virus yang menyerang Indonesia dengan infeksi sebanyak 359 insiden dan presentase 0,35%.

"Maka Vaksincom menghimbau para pengguna internet dan administrator untuk selalu waspada mengawasi trafik data masuk dan keluar dari perusahaan Anda," Alfons menandaskan.


(ash/wsh)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed