Bill Gates: Kenaikan Suhu Global Tak Bisa Dibendung, Tapi...

Bill Gates: Kenaikan Suhu Global Tak Bisa Dibendung, Tapi...

ADVERTISEMENT

Bill Gates: Kenaikan Suhu Global Tak Bisa Dibendung, Tapi...

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 16 Jan 2023 06:45 WIB
Bill Gates
Bill Gates. Foto: AFP via Getty Images/MANDEL NGAN
Jakarta -

Ada prediksi buruk dari Bill Gates. Menurut dia, dunia tak akan dapat mencapai tujuan Kesepakatan Iklim Paris 2015 untuk membatasi pemanasan global hingga suhu naik maksimal 1,5 derajat Celcius dibandingkan era pra Industri.

Gates kaya raya dengan meluncurkan Microsoft, tetapi sejak itu dia giat beramal serta peduli perubahan iklim. Dia punya perusahaan inovasi nuklir TerraPower dan perusahaan investasi, Breakthrough Energy, untuk mendukung inovasi perubahan iklim. Kabar baiknya, inovasi berkembang pesat.

"Laju inovasi benar-benar meningkat meskipun kita tidak akan mencapai timeline saat ini atau menghindari melampaui suhu 1,5," tulis Gates menanggapi pertanyaan tentang seberapa baik dunia menanggapi perubahan iklim.

Dikutip detikINET dari CNBC, Gates tidak sendirian dalam pandangannya. Sebuah laporan pada akhir Oktober dari Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan hal yang sama.

Gates juga mengatakan upaya mitigasi iklim yang berantakan akan memperlambat kemajuan yang dibuat dalam memperbaiki kondisi manusia. Terlepas dari pandangannya yang suram, Bill Gates mencoba optimis. "Saya masih yakin kita dapat menghindari hasil yang buruk," katanya.

Misalnya, perkembangan reaktor nuklir canggih yang dibangun perusahaan TerraPower, sukses menggunakan natrium cair sebagai pendingin dan uranium sebagai sumber bahan bakar ramah lingkungan.

"Kami membuat kemajuan yang luar biasa," kata Gates. Pabrik pertama TerraPower dijadwalkan dibangun di Wyoming dan akan selesai pada tahun 2030. "(Teknologi) ini dapat memberikan kontribusi besar terhadap tantangan iklim karena berbiaya rendah dan sangat aman," tulis Gates.

Di sisi lain, tumbuhan dan hewan bertanggung jawab atas 19% emisi. Untuk itu, Bill Gates telah mendukung beberapa perusahaan yang membuat produk daging sintetis termasuk Beyond Meat dan Impossible Foods.



Simak Video "Bill Gates Pilih Android Daripada iPhone"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT