Seram! Kerangka di Rawa Eropa Ternyata Tumbal Manusia

Seram! Kerangka di Rawa Eropa Ternyata Tumbal Manusia

ADVERTISEMENT

Seram! Kerangka di Rawa Eropa Ternyata Tumbal Manusia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 10 Jan 2023 18:13 WIB
Kerangka di rawa eropa
Kerangka manusia yang ditumbalkan. Foto: Science Alert
Jakarta -

Di Eropa, kadang ditemukan jasad kuno yang tersimpan dengan baik di area rawa-rawa. Dalam riset terbaru, kemungkinan mereka adalah jasad dari ritual pengorbanan manusia atau ditumbalkan, yang dilakukan lebih dari 5.000 tahun yang lalu.

Jadi awalnya, para peneliti di Denmark melakukan penggalian di wilayah Edegal setelah menemukan tulang paha mencuat dari lumpur. Setelah menggali lebih jauh, mereka menemukan hampir semua tulang kedua kaki, panggul, dan rahang.

Para peneliti menyimpulkannya sebagai tubuh rawa, mengacu pada lusinan jasad pria yang sebelumnya ditemukan di rawa-rawa di Eropa. Jasad itu banyak yang masih awet meski usia ribuan tahun, karena faktor lingkungan rawa yang kekurangan oksigen dan asam membuat bakteri sulit bertahan hidup.

Seperti dikutip detikINET dari Science Alert, Selasa (10/1/2022) tanah rawa dianggap penting bagi manusia kuno di Eropa Utara, di antaranya dianggap oleh mereka sebagai gerbang antara dunia manusia dan dunia Tuhan.

Nah, mumi rawa itu menurut ilmuwan, kemungkinan adalah hasil ritual pengorbanan pada Yang Maha Kuasa di masa silam. Dalam penggalian di Edegal, ada sisa kapak, tulang binatang dan keramik.

Nah, benda-benda itu kemungkinan juga merupakan bagian dari upacara ritual. Menurut Emil Winher Struve, salah satu periset, kapak itu setelah diriset tidak digunakan sehingga bukan dipakai sebagai senjata untuk membunuh.

"Penemuan ini cocok dengan adanya tradisi penguburan benda, manusia, dan hewan yang terbukti pernah ada di sini dahulu kala, dilakukan secara luas di sepanjang zaman kuno, dan kemungkinan besar kerangka ini juga adalah korban dari ritual semacam itu," kata Struve.



Simak Video "Warga Pesisir Jembrana Dihebohkan Penemuan Kerangka Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT