5 Misteri Terbesar Bumi yang Belum Terpecahkan

5 Misteri Terbesar Bumi yang Belum Terpecahkan

ADVERTISEMENT

5 Misteri Terbesar Bumi yang Belum Terpecahkan

Tim - detikInet
Jumat, 06 Jan 2023 21:00 WIB
Foto Bumi Bulat
5 Misteri Terbesar Bumi yang Belum Terpecahkan. Foto: NASA
Jakarta -

Berbagai misteri masih menyelimuti Planet Bumi dan sampai saat ini belum dapat dipecahkan oleh para ilmuwan dari sisi sains atau ilimah. Ini di antaranya seperti dikutip detikINET dari Reader's Digest:

Asal usul air

Air di mana-mana, mencakup 70% permukaan bumi dan membuatnya mendapat julukan Planet Biru. Namun dari mana asalnya? Bagaimana bisa begitu melimpah di planet kita padahal hampir tidak ada di seluruh Tata Surya?

Sebagian besar ilmuwan percaya ketika terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun lalu, Bumi adalah planet berbatu yang kering. Teori ilmiah paling populer menyatakan air datang dalam bentuk beberapa asteroid raksasa yang dipenuhi es. Teori lain menyebut air sebenarnya sudah ada sejak pembentukan Bumi.

Misteri oksigen

Hal lain yang sangat penting bagi makhluk hidup di Bumi adalah oksigen. Menurut sains, sekitar 2,4 miliar tahun lalu, makhluk mikroskopis yang disebut cyanobacteria melepaskan oksigen sebagai produk limbah, mengisi atmosfer dengannya. Setelah itu, tingkat oksigen di atmosfer naik turun secara liar hingga akhirnya stabil sekitar 540 juta tahun lalu.

Tapi apa yang menyebabkannya tiba-tiba stabil? Hal ini tetap menjadi salah satu misteri ilmiah terbesar yang belum diketahui jawabannya dengan pasti.

Letusan Kambrium

Letusan Kambrium mengacu pada ledakan kehidupan kompleks yang terjadi sekitar 540 juta tahun lalu. Sebelumnya, kehidupan sebagian besar terdiri dari bakteri, eukariota, dan tumbuhan ultra-sederhana. Di awal periode Kambrium, evolusi tampaknya mengalami lonjakan pertumbuhan, dan makhluk kompleks mulai berevolusi dengan kecepatan yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Tiba-tiba, kehidupan memiliki otak, mata, dan kerangka. Sebagian besar makhluk hidup hari ini dapat melacak garis keturunan kembali ke periode Cambrian. Beberapa ilmuwan percaya Letusan Kambrium terjadi akibat dari oksigen disebutkan di atas, menjadi stabil di waktu yang bersamaan. Akan tetapi masih ada keraguan soal teori itu.

Halaman selanjutnya, apa yang ada di dalam inti Bumi?



Simak Video "Gempa M 4,3 Guncang Garut, Terasa Hingga Bandung-Sumedang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT