12 Objek Aneh di Alam Semesta

12 Objek Aneh di Alam Semesta

ADVERTISEMENT

12 Objek Aneh di Alam Semesta

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 02 Nov 2022 06:48 WIB
Objek aneh di alam semesta
12 Objek Aneh di Alam Semesta. Foto: NASA/ESA/Caltech
Jakarta -

Tak ada yang meragukan fakta bahwa alam semesta itu aneh dan misterius. Planet kita sendiri hanya mewakili bagian sangat kecil dari berbagai fenomena yang bersembunyi di seluruh kosmos ini. Di alam raya ini ada begitu banyak objek aneh.

Karenanya setiap hari para astronom menemukan kejutan baru. Setidaknya ada beberapa objek aneh di luar angkasa yang sempat tercatat atau terekam seperti yang akan dibahas berikut ini.

1. Sinyal radio misterius

Sejak 2007, para peneliti telah menerima berbagai sinyal radio yang sangat kuat dan sangat terang yang hanya berlangsung beberapa milidetik. Kilatan misterius dari sinyal ini disebut fast radio burst (FRB), tampaknya berasal dari miliaran tahun cahaya. Sinyal ini bukan dan tidak pernah menjadi penanda kehadiran alien.

Baru-baru ini, para ilmuwan berhasil menangkap FRB berulang, yang berkedip enam kali berturut-turut. Ini adalah sinyal kedua yang pernah terdeteksi dan diharapkan dapat membantu mereka mengungkap misteri ini.

Objek aneh di alam semestaFoto: NASA/ESA/Caltech

2. Pasta nuklir

Zat terkuat di alam semesta terbentuk dari sisa-sisa bintang mati. Menurut simulasi, proton dan neutron dalam kulit bintang yang keriput dapat mengalami tekanan gravitasi gila yang meremasnya menjadi bahan kusut, jika kita menerapkan 10 miliar kali gaya yang dibutuhkan untuk menghancurkan baja.

Objek aneh di alam semestaFoto: NASA/ESA/Caltech

3. Haumea punya cincin

Planet kerdil Haumea, yang mengorbit di Sabuk Kuiper di luar Neptunus, memiliki bentuk memanjang yang aneh, memiliki dua bulan, dan satu hari hanya berlangsung selama 4 jam. Kriteria ini menjadikannya objek besar yang berputar paling cepat di Tata Surya.

Tetapi pada tahun 2017, Haumea menjadi lebih aneh ketika para astronom menyaksikannya lewat di depan sebuah bintang dan melihat cincin yang sangat tipis mengorbit di sekitarnya. Kemungkinan cincin ini hasil dari tabrakan yang jauh di masa lalu.

Objek aneh di alam semestaFoto: NASA/ESA/Caltech

4. Bulan yang punya bulan

Apa yang lebih menarik dari bulan? Di luar angkasa, ada bulan yang mengorbit bulan. Bulan yang punya bulan ini dikenal dengan sebutan submoon, moonitos, grandmoon, moonettes dan moooons.

Bulan yang punya bulan sejauh ini masih sebatas teoretis. Tetapi perhitungan terbaru menunjukkan bahwa tidak ada yang mustahil tentang pembentukan bulan yang punya bulan. Mungkin para astronom suatu hari nanti akan menemukannya.

Objek aneh di alam semestaFoto: NASA/ESA/Caltech

5. Galaksi tanpa materi gelap

Dark matter atau materi gelap adalah zat yang tidak diketahui yang terdiri dari 85% dari semua materi di alam semesta. Namun para peneliti setidaknya yakin tentang satu hal: materi gelap ada di mana-mana.

Para ilmuwan berpikir keras tentang galaksi aneh yang mereka lihat pada Maret 2018 yang tampaknya hampir tidak mengandung materi gelap. Pekerjaan mereka selanjutnya adalah, menunjukkan bahwa keanehan langit memang mengandung materi gelap, meskipun temuan tersebut secara paradoks memberikan kepercayaan pada teori alternatif yang menyatakan bahwa materi gelap tidak ada sama sekali.

Objek aneh di alam semestaFoto: NASA/ESA/Caltech

6. Bintang paling aneh

Ketika astronom Tabetha Boyajian dari Louisiana State University dan rekan-rekannya pertama kali melihat bintang yang dikenal sebagai KIC 846285, mereka bingung.

Dijuluki bintang Tabby, objek itu akan turun kecerahannya pada interval yang tidak teratur dan untuk jangka waktu yang aneh, terkadang hingga 22%.

Berbagai teori diajukan, termasuk kemungkinan bahwa itu adalah megastruktur alien. Tetapi saat ini, sebagian besar peneliti percaya bintang itu dikelilingi oleh cincin debu abnormal yang menyebabkan penggelapan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT