Miliarder Jepang Pilih T.O.P Big Bang Terbang ke Bulan Naik Roket SpaceX

Miliarder Jepang Pilih T.O.P Big Bang Terbang ke Bulan Naik Roket SpaceX

ADVERTISEMENT

Miliarder Jepang Pilih T.O.P Big Bang Terbang ke Bulan Naik Roket SpaceX

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 09 Des 2022 22:37 WIB
Miliarder Jepang Yusaku Maezawa bakal pergi ke antariksa pada Desember mendatang. Ia lebih dulu berlatih untuk beradaptasi dengan kondisi di luar angkasa.
Miliarder Jepang Pilih T.O.P Big Bang Terbang ke Bulan Naik Roket SpaceX (Foto: Shamil Zhumatov/Pool Photo via AP)
Jakarta -

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa akhirnya mengumumkan daftar seniman yang akan menemaninya dalam perjalanan mengelilingi Bulan. Ada delapan orang yang terpilih, termasuk T.O.P Big Bang dan DJ Steve Aoki.

Maezawa dan delapan artis serta seniman terpilih tersebut akan terbang ke Bulan dalam misi dearMoon. Misi itu akan diterbangkan menggunakan roket Starship buatan SpaceX paling cepat pada tahun depan.

"Saya berharap Anda semua akan menyadari tanggung jawab yang datang setelah meninggalkan Bumi, berjalan-jalan ke Bulan dan kembali," kata Maezawa dalam video pengumuman yang diunggah di YouTube, seperti dikutip dari Space, Jumat (9/12/2022).

Misi dearMoon pertama kali diumumkan pada tahun 2018. Maezawa saat itu mengatakan ingin meluncurkan misi luar angkasa yang berfokus kepada seni dan akan menanggung biaya tiket semua peserta yang terpilih.

Saat pendaftaran untuk proyek dearMoon dibuka pada Agustus 2021, Maezawa tidak mengungkap kualifikasi apa yang dibutuhkan untuk mengikuti misi ini. Akhirnya, Maezawa memilih delapan seniman dan dua awak back-up untuk mengikuti misi ini.

Delapan seniman dana artis yang akan terbang bersama Maezawa ke Bulan adalah:

  • Steve Aoki: DJ dan produser musik dari Amerika Serikat
  • Tim Dodd: YouTuber pendiri channel Everyday Astronaut dari Amerika Serikat
  • Yemi AD: seniman dan koreografer dari Republik Ceko
  • Rhiannon Adam: fotografer dari Irlandia
  • Karim Iliya: fotografer dari Inggris
  • Brendan Hall: sutradara dari Amerika Serikat
  • Dev Joshi: aktor dari India
  • T.O.P: rapper grup Big Bang dari Korea Selatan
  • Dua awak backup: penari Miyu dari Jepang, dan atlet snowboarding Kaitlyn Farrington dari Amerika Serikat.

Dari total sembilan awak, hanya Maezawa yang sebelumnya pernah terbang ke luar angkasa. Pendiri toko fashion online Zozotown itu pernah terbang dan tinggal di stasiun luar angkasa ISS pada Desember 2021.

Proyek dearMoon awalnya dijadwalkan meluncur pada tahun 2023. Tapi sepertinya jadwal ini akan diundur mengingat roket Starship belum disetujui untuk melakukan perjalanan ke orbit Bumi, apalagi menuju Bulan.

Roket ini sedang dikandangkan karena SpaceX menunggu persetujuan dari Administrasi Penerbangan Federal AS terkait persyaratan penilaian lingkungan di fasilitas peluncuran di Starbase, Texas.



Simak Video "T.O.P BIGBANG Dikabarkan Bakal ke Luar Angkasa Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT