3 Astronaut China Pulang ke Bumi Setelah 6 Bulan di Luar Angkasa

3 Astronaut China Pulang ke Bumi Setelah 6 Bulan di Luar Angkasa

ADVERTISEMENT

3 Astronaut China Pulang ke Bumi Setelah 6 Bulan di Luar Angkasa

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 05 Des 2022 20:15 WIB
This photo taken on December 4, 2022 shows Chinese astronaut Liu Yang waving as officials assist her from the capsule of the Shenzhou-14 spacecraft after landing in Chinas Inner Mongolia. - China OUT (Photo by CNS / AFP) / China OUT (Photo by -/CNS/AFP via Getty Images)
3 Astronaut China Pulang ke Bumi Setelah 6 Bulan di Luar Angkasa (Foto: CNS/AFP via Getty Images)
Jakarta -

Tiga astronaut China kembali ke Bumi setelah menyelesaikan misi selama enam bulan di stasiun luar angkasa China. Ketiganya dikirim ke luar angkasa pada bulan Juni lalu untuk menyelesaikan pembangunan stasiun luar angkasa Tiangong.

Ketiganya menumpang kapsul yang berangkat dari modul Shenzhou dan menempuh perjalanan selama sekitar sembilan jam. Kapsul itu mendarat di Gurun Gobi di wilayah otonom Inner Mongolia pada Minggu (4/12) sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Misi Shenzhou-14 yang terdiri dari astronaut Chen Dong, Liu Yang, dan Cai Xuzhe mengatakan mereka merasa baik-baik saja setelah mendarat. Badan antariksa China mengatakan misi ini berjalan dengan sukses.

Liu Yang, astronaut perempuan pertama China mengatakan ia memiliki pengalaman tidak terlupakan selama berada di stasiun luar angkasa dan sudah tidak sabar untuk kembali ke China.

Selama berada di luar angkasa, ketiga astronaut kedatangan modul kedua dan ketiga untuk Tiangong. Mereka juga melakukan tiga spacewalk untuk mengecek dan menguji coba stasiun luar angkasa baru tersebut.

Sebelum kembali ke Bumi, ketiganya juga melakukan seremoni serah terima untuk tiga awak astronaut baru yang tiba di stasiun luar angkasa Tiangong beberapa hari yang lalu. Misi Shenzhou-15 juga akan berlangsung selama enam bulan dan akan menjadi misi terakhir untuk menyelesaikan pembangunan stasiun luar angkasa Tiangong.

Juru bicara China Manned Space Administration mengatakan tugas utama misi Shenzhou-15 adalah untuk memasang peralatan dan fasilitas di sekitar stasiun luar angkasa Tiangong, seperti dikutip dari BBC, Senin (5/12/2022).

Stasiun luar angkasa Tiangong sendiri dirancang sebagai laboratorium di orbit ala stasiun luar angkasa ISS yang saat ini dioperasikan oleh Amerika Serikat dan Rusia. Ukurannya hanya 20% dari ukuran ISS dan diharapkan dapat beroperasi selama satu dekade.

Selama satu dekade ke depan, China berencana mengirimkan dua misi berawak ke Tiangong tiap tahunnya. Mereka sudah membuka seleksi astronaut untuk misi masa depan, bahkan memperluas pendaftaran untuk penduduk Macau dan Hong Kong.



Simak Video "3 Astronaut China Mendarat di Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT