Gokil! Ilmuwan Mau Bikin Hutan Cagar Alam di Planet Mars

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 05 Des 2022 05:44 WIB
Mars
Ilmuwan Ungkap Rencana Bikin Hutan Cagar Alam di Mars Foto: NASA

Elon Musk sudah lama bermimpi membangun peradaban manusia di Mars. Tapi seorang ilmuwan juga punya mimpi yang tidak kalah ambisius yaitu membangun cagar alam di Planet Merah.

Paul Smith, seorang dosen di jurusan teknik sipil di University of Bristol membuat proposal untuk membangun cagar alam ekstraterrestrial (ETNR) di Mars. ETNR itu akan berbentuk seperti hutan di dalam gelembung yang dirancang dengan ekosistem mirip di Bumi.

Dalam proposal yang diterbitkan di International Journal of Astrobiology, Smith mengatakan selain menjadi cagar alam, hutan tersebut juga akan menjadi tempat bernaung bagi manusia sekaligus menyediakan makanan dan bahan mentah untuk koloni di Mars.

"Itu akan berfungsi sebagai cagar alam ekstraterrestrial (ETNR), tempat perlindungan psikologis, dan kebun raya utilitarian," tulis Smith dalam laporannya, seperti dikutip dari Futurism, Senin (5/12/2022).

"Tempat itu akan mendukung banyak spesies yang bernilai bagi koloni manusia untuk metabolisme sekunder (vitamin, perasa, parfum, obat-obatan, warna, dan penambah suasana hati)," sambungnya.

Tentu saja alam di Bumi dengan Mars sangat berbeda. Smith juga menjabarkan sejumlah tantangan yang harus dihadapi saat membangun hutan di Mars termasuk atmosfer, temperatur, musim, radiasi, cuaca, gravitasi, dan cahaya matahari yang tersedia.

Smith juga mengungkap jenis-jenis hewan dan tumbuhan yang bisa dibawa ke Mars. Untuk tumbuhan ia menyarankan juniper dan pohon birch tertentu. Untuk hewan, Smith menyarankan mikroba tanah, jamur, dan hewan tak bertulang belakang seperti cacing tanah dan laba-laba.

Menariknya, hewan bertulang belakang non-manusia tidak masuk dalam daftar ini. Smith mengatakan ada pertimbangan etis jika harus memaksa hewan masuk ke habitat ekstraterrestrial di mana mereka tidak bisa hidup mengikuti perilaku alaminya.

Smith mengatakan ia tidak berniat untuk menciptakan tiruan dari hutan yang ada di Bumi. Menurutnya hal itu tidak mungkin terjadi dan lebih mudah untuk mengembangkan ekosistem baru.

Proposal seperti ini penting menurut Smith karena populasi manusia di Bumi sudah mencapai delapan miliar orang dan sumber daya alam yang tersedia terus digerus. Belum lagi masalah krisis iklim yang semakin mengancam masa depan manusia dan Bumi.

Simak Video "Mars Rayakan Tahun Baru Lebih Awal"