Menguak Misteri Kawanan Domba Berjalan Melingkar 12 Hari Tanpa Henti

Menguak Misteri Kawanan Domba Berjalan Melingkar 12 Hari Tanpa Henti

ADVERTISEMENT

Menguak Misteri Kawanan Domba Berjalan Melingkar 12 Hari Tanpa Henti

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 29 Nov 2022 22:02 WIB
domba
Misteri Kawanan Domba Berjalan Melingkar 12 Hari Tanpa Henti. Foto: News Flare
Jakarta -

Viral kawanan domba di Mongolia berjalan melingkar selama dua belas hari tanpa henti, membuat ilmuwan menyelidikinya. Seorang ilmuwan mengatakan ada penjelasan yang mungkin masuk akal untuk fenomena ini.

"Sepertinya domba berada di kandang dalam waktu lama, dan ini mungkin mengarah pada perilaku stereotip, dengan pengulangan berulang karena frustrasi berada di kandang dan kondisi terbatas," kata Matt Bell, seorang profesor di Departemen Pertanian Hartpury University di Gloucester, Inggris, dikutip dari New York Post.

Kemudian, lanjut Bell, perilaku yang awalnya ditunjukkan oleh beberapa domba, kemudian diikuti oleh domba-domba lainnya. Hal ini dikarenakan domba adalah hewan kawanan, dan mengikat atau selalu bergabung dengan teman-teman mereka.

"Perilaku sosial domba didominasi oleh mentalitas kawanan, yang mengontrol pergerakan hewan dan melindungi individu dari pemangsa dengan mendorong mereka melarikan diri dari bahaya sebagai kelompok," ujarnya.

Pemilik domba, Miao, juga mengaku heran melihat perilaku peliharaannya. Dalam rekaman video CCTV, ratusan domba terlihat mengikuti satu sama lain dalam bentuk lingkaran. Domba lain berdiri di tengah lingkaran, dan beberapa akhirnya bergabung.

Ada 34 kandang domba di peternakan tersebut, namun hanya domba di kandang nomor 13 yang bergerak janggal. Tidak diketahui apa yang menyebabkan domba berperilaku seperti ini.

Namun ada beberapa orang yang berspekulasi tentang penyakit yang menyebabkan beberapa hewan tampak bingung dan mulai berputar-putar bernama listeriosis. Penyakit ini dapat memancing satu sisi otak dan menyebabkan domba berperilaku aneh.

Perilaku domba seperti ini bukan kali ini saja terjadi. Di Sussex, Inggris, sekawanan domba menyebabkan kegemparan serupa tahun lalu ketika mereka terlihat berdiri dalam lingkaran konsentris.

Para ilmuwan telah lama mempelajari mengapa beberapa hewan lain seperti hiu dan kura-kura bergerak dalam pola melingkar. Namun, mereka belum sampai pada kesimpulan tentang alasannya.



Simak Video "Di Balik Fenomena Domba-domba Berputar 12 Hari Non Stop"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT