Crop Circle, Bikinan Manusia atau Bukan?

Crop Circle, Bikinan Manusia atau Bukan?

ADVERTISEMENT

Eureka!

Crop Circle, Bikinan Manusia atau Bukan?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 24 Nov 2022 21:00 WIB
Crop Circle di Berbah, Sleman di tahun 2011.
Crop Circle di Berbah, Sleman di tahun 2011. Foto: Dok. detikcom (Crop Circle di Berbah, Sleman)
Jakarta -

Fenomena crop circle sempat menggemparkan Indonesia, bahkan siapa yang membuatnya di Berbah, Sleman, Yogyakarta tahun 2011 belum terpecahkan hingga sekarang. Pada akhirnya, pendapat pun terpecah. Ada yang percaya crop circle adalah buatan manusia, tapi ada juga anggapan bahwa crop circle bisa jadi buatan makhluk dengan kecerdasan tinggi dari luar angkasa alias alien.

Mohammad Reza Wardhana Ketua Komunitas BETA UFO memberikan pendapatnya di acara 'Eureka! Edisi 11: UFO Gentayangan', beberapa waktu lalu. Saat itu, BETA UFO yang sudah memiliki anggota yang tersebar di Indonesia berkesempatan untuk hadir ke lokasi tersebut. Saat itu, ada seorang pria bernama Bondan yang berasal dari BETA UFO Yogyakarta yang turun lapangan.

Saat itu digambarkan tanaman di ladang padi dan jagung itu melengkung dan membentuk pola unik. Pembuatan crop circle dipercaya dilakukan pada tengah malam menuju pagi buta.

"Pagi hari, ketika petaninya ingin ke sawah, dia melihat ada tanaman merunduk. Di sana memang ada bukit yang bisa kita daki dengan mudah, ketika dilihat dari atas itu seperti menimbulkan pola," ujarnya.

Uniknya, menurut Reza, lokasi kejadian sampai dipasangi garis polisi. Berbagai pihak pun pada akhirnya meneliti dan memberikan pendapat mereka masing-masing. Begitu pula BETA UFO yang meyakini bahwa kemampuan manusia saat itu sepertinya tidak mungkin untuk membentuk pola crop circle rumit dalam waktu singkat dan tidak diketahui orang lain.

"Kemudian saya tanya ke Pak Bondan ini kira-kira itu mungkin nggak sih manusia itu bikin crop circle yang ada di Sleman. Bapak Bondan kemudian ngomong, itu pernah ada yang buat sayembara tidak berhadiah: siapapun mengaku bisa membuat crop circle yang sama boleh muncul. Tapi ternyata nggak ada yang nongol," ucapnya.

Pertanyaan selanjutnya adalah tidak ada saksi mata yang bisa menguatkan bahwa crop circle itu dibuat oleh manusia. Karena itu, BETA UFO masih mempertanyakan hingga sekarang siapa pembuat crop circle tersebut. "Kalau misalkan dibuat manusia, effort-nya bakal gede," sambung Reza.

Kesimpulannya, dari peristiwa awal Januari 2011 itu, BETA-UFO menganggap crop circle tersebut bisa jadi bukan buatan manusia. Dari investigasi secara ilmiah, BETA UFO meyakini hal tersebut setelah ditemukan ada unsur nikel di daerah yang tidak memiliki kandungan nikel sama sekali.



Simak Video "Menguak Misteri Crop Circle, Benarkah Buatan Alien?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT