3 Penampakan UFO di Indonesia, Ada yang Pernah Lihat?

3 Penampakan UFO di Indonesia, Ada yang Pernah Lihat?

ADVERTISEMENT

3 Penampakan UFO di Indonesia, Ada yang Pernah Lihat?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 25 Jan 2022 06:15 WIB
Jakarta -

UFO mungkin sudah menjadi pembahasan yang sering di luar negeri khususnya Amerika Serikat. Amerika Serikat bahkan memiliki badan yang khusus meneliti mengenai penampakan objek yang tidak dapat diidentifikasi. Kalau di Indonesia bagaimana?

Ternyata, laporan kesaksian keberadaan UFO di Indonesia pernah ada beberapa kali. Di bawah ini adalah tiga di antaranya yang cukup populer.

1. Crop circle Magelang

Sempat ramai isu UFO dengan adanya crop circle di persawahan Magelang. Namun, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) percaya itu adalah buatan manusia. Crop circle pun mudah dibuat, bahkan di Eropa pola crop circle bisa lebih sulit dari yang ada di Magelang.

2. UFO Ciamis

Seorang warga Ciamis mengaku mengabadikan benda terbang yang diyakini sebagai UFO. Ialah Rudiat, warga Ciwahangan, Desa Baregbeg, Baregbeg, Ciamis yang mengatakan tak sengaja mengabadikan benda terbang itu pada 27 Juli 2018 sekitar pukul 21.00.

"Awalnya saya mengira itu pesawat terbang, tapi biasanya lampunya berkedip-kedip, kalau yang ini tidak berkedip," tutur Rudiat saat ditemui detikcom.

Thomas Djamaluddin yang saat itu menjabat sebagai Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sempat memberikan konfirmasi mengenai hal ini. Menurutnya UFO dalam artian wahana yang dipakai makhluk asing atau alien itu tidak ada karena tidak ada bukti ilmiah.

"Mungkin saja ada orang yang iseng menerbangkan layang-layang berlampu," ucapnya.

3. UFO di Bandung

Rabu (27/6/2012) sekitar pukul 14.30 WIB, Nisrina Azahra (8) naik ke lantai dua yang merupakan tempat jemur pakaian di rumahnya. Bocah perempuan itu iseng mengarahkan kamera telepon genggam Nokia tipe C5 ke langit bercuaca cerah dan berawan. Zahra memotret sebanyak dua kali menggunakan kamera handphone.

Pertama, hasil fotonya nampak biasa. Namun, hasil kedua menunjukkan gambar mirip bola mata bercahaya merah muda. Bentuknya elips dan di tengah-tengahnya ada bulatan putih.

Ayah Zahra mengirimkan foto ini ke bagian astronomi ITB untuk mengkonfirmasi apakah benda itu UFO atau bukan. Saat itu Roy Suryo dimintai komentar dan mengatakan bahwa yang muncul adalah uap air kotor sehingga berwarna ketika ditangkap kamera.

"Mengapa bisa dipersepsikan sebagai 'mata' atau UFO, justru lebih kepada masalah resolusi dan low contrast kualitas Lensa dari kamera ponsel tersebut yang tidak dimungkinkan menampilkan obyek sesuai aslinya," jelas Roy saat dihubungi detikcom melalui telepon, Kamis (28/6/2012).

Jadi bagaimana, detikers? Apakah ada di antara kalian yang pernah melihat penampakan UFO? Tuliskan di kolom komentar ya soal pengalaman tersebut.

(ask/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT