Jangan Sembarangan Buang Ikan Mas Koki, Bisa Jadi Monster!

Jangan Sembarangan Buang Ikan Mas Koki, Bisa Jadi Monster!

ADVERTISEMENT

Jangan Sembarangan Buang Ikan Mas Koki, Bisa Jadi Monster!

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 24 Nov 2022 07:45 WIB
Ikan mas raksasa
Jangan Sembarangan Buang Ikan Mas Koki, Bisa Jadi Monster! Foto: Fox News
Jakarta -

Ikan mas koki pemecah rekor ditangkap di Champagne, Prancis. Seorang pemancing menyeret ikan seberat 30 kilogram itu dari perairan BlueWater Lakes.

'Monster' berwarna oranye berkilauan itu dikenal sebagai The Carrot yang dilepaskan ke Bluewater Lakes 20 tahun lalu. Sejak itu, ikan tersebut berkembang menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Ada banyak ras ikan mas, namun secara umum mereka adalah jenis ikan mas koki peliharaan. Ikan mas koki yang ukurannya tak lazim, bermunculan dalam berbagai 'modifikasi' aneh, terkadang merupakan hasil hibrida dengan ikan lain seperti koi, seperti yang terjadi pada The Carrot.

Butuh waktu sekitar 20 tahun bagi hibrida ikan mas koki-koi menjadi sebesar Carrot. Beratnya telah tumbuh hingga lebih dari 30 kilogram, setara dengan rata-rata bocah berusia 10 tahun.

Pemancing Andy Hackett dari Worcestershire, Inggris, perlu waktu sekitar 25 menit untuk menariknya sebelum mengambil beberapa foto dan melepaskannya kembali.

Proses ikan mas koki menjadi raksasa

Keberadaan The Carrot menjadi pengingat agar kita tidak sembarangan melepaskan hewan peliharaan ke alam liar. Karena sebagai ikan yang kuat, jenis ikan mas koki tertentu dapat tumbuh hingga ukuran yang sangat besar.

Ikan mas koki raksasa dilaporkan memicu berbagai masalah lingkungan di beberapa perairan di Amerika. Ikan-ikan ini mengganggu lapisan lumpur dan merobek tanaman. Pihak berwenang menyebutkan, para pemilik hewan peliharaan yang melepaskan ikan-ikan ini patut bertanggung jawab atas kerusakaan lingkungan yang terjadi.

Ikan mas koki yang dibuang ke saluran air, dalam perkembangannya akan menjadi spesies invasif, bahkan bisa mengalahkan spesies asli dan menguasai mendapatkan sumber daya.

Badannya pun membengkak karena nafsu makannya yang rakus. Seperti dikutip dari IFL Science, dalam proses perkembangannya, ikan-ikan ini dapat mengambil dan menularkan parasit.



Ukuran ikan mas koki ditentukan oleh lingkungannya. Seekor ikan yang dipelihara di akuarium kecil dengan pakan sederhana akan tetap kecil, sebagian karena stres, dan akan tetap seperti itu sampai mati.

Namun, jika kita memindahkannya ke tempat yang lebih besar dengan banyak makanan, ia akan berkembang menjadi ikan yang jauh lebih besar bahkan menjadi monster.



Simak Video "Penampakan Kolam Raksasa Kandang Arapaima yang Lepas di Garut"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT