Asal Muasal UFO Sering Disebut Piring Terbang

Asal Muasal UFO Sering Disebut Piring Terbang

ADVERTISEMENT

Eureka!

Asal Muasal UFO Sering Disebut Piring Terbang

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 22 Nov 2022 17:36 WIB
Jakarta -

Kebanyakan orang menganggap UFO atau BETA (Benda Terbang Asing/Aneh) berbentuk seperti piring terbang. Istilah ini sebenarnya berasal dari kesalahan informasi.

"Istilah flying saucer atau piring terbang itu sebetulnya tidak mengacu kepada bentuk. Berdasarkan kamus Cambridge, flying saucer adalah objek yang terlihat di langit yang diduga atau dikira sebagai kendaraan luar angkasa," kata Mohammad Reza Wardhana, Ketua Komunitas BETA UFO Indonesia dalam live "Eureka! UFO Gentayangan", Senin (21/11/2022).

Dijelaskan olehnya, sebutan piring terbang sebenarnya bukan tentang bentuk objek yang seperti piring. Hal ini bermula dari laporan Kenneth Arnold di tahun 1947 yang melihat sembilan objek yang gerakan terbangnya aneh.

"Arnold menyebut benda yang ia lihat saat berada di sekitar Gunung Rainier, Washington, terbangnya itu seperti piring yang dilempar di atas permukaan air. Jadi sebenarnya piring terbang itu mengacu kepada gerak bukan kepada bentuk," papar Reza.

Laporan Arnold tersebut membuat masyarakat dan media massa saat itu tertarik sehingga muncul istilah piring terbang dan cakram terbang. Padahal Arnold sendiri mendeskripsikan bentuk BETA yang dilihatnya itu seperti Bulan sabit dan gepeng, sama sekali tidak bulat seperti piring atau cakram.

"Jadi di sini terjadi misinformasi yang terlanjur dipakai berpuluh tahun, bahwa UFO itu bentuknya seperti piring terbang dan banyak yang mempercayainya," sebutnya.

UFO

Setelah laporan Arnold menjadi terkenal, beberapa minggu kemudian ratusan laporan penampakan yang berbeda bermunculan. Banyak yang berasal dari Amerika Serikat, namun dari negara lain juga cukup banyak.

(rns/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT