Ada Penampakan UFO di Bandung, Ini Kata Ilmuwan

Ada Penampakan UFO di Bandung, Ini Kata Ilmuwan

ADVERTISEMENT

Ada Penampakan UFO di Bandung, Ini Kata Ilmuwan

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 24 Okt 2022 20:15 WIB
UFO di Bandung
Penampakan UFO di langit Bandung. Foto: Twitter @kabarufo
Jakarta -

Penampakan unidentified flying object (UFO) atau benda terbang tidak dikenal di langit Bandung bukan sesuatu dari luar angkasa, kemungkinan besar satelit.

Sebelumnya diberitakan, netizen berdebat tentang penampakan viral sebuah benda di langit dalam sebuah video. Ada yang menyebut benda itu UFO dari luar angkasa, namun banyak pula yang menyebut benda itu kemungkinan drone atau benda lainnya.



"Saya bisa pastikan itu bukan UFO (dari luar angkasa), kemungkinan satelit lain yang sama terangnya seperti ISS (stasiun antariksa internasional), karena untuk tanggal 23 Januari 2022, ISS tidak dapat terlihat di Bandung," kata peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN Andi Pangerang.

Ia menjelaskan, jika kamera tidak bergoyang sehingga bisa dipastikan bahwa gerak bendanya lurus maupun hanya melengkung sedikit, tidak berkelak-kelok seperti pada video, bisa jadi itu adalah ISS atau satelit LEO (low Earth orbit/orbit Bumi rendah) lainnya yang sangat terang. Namun hanya sebagian kecil satelit LEO yang seperti itu. Disebutkan Andi, ISS bisa terlihat sangat terang apalagi jika kamera di-zoom.

"Akan tetapi, karena tidak ada ISS yang melintas di Bandung, maka dugaan sementara adalah salah satu satelit LEO yang sedang melintas dengan jarak cukup dekat sekitar 500 km dari permukaan Bumi," jelasnya.

Ia menambahkan, jika satelit tersebut berukuran 20 meter, dengan jarak seperti pada video yang viral, maka benda itu akan terlihat seterang planet-planet seperti Venus dan Jupiter meskipun lebar sudutnya hanya 8 detik busur.



Simak Video "UFO Gentayangan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT